Sukses

Kiat Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

Mainan adalah benda yang tak terpisahkan dari anak. Simak kiat di bawah ini untuk memilih mainan aman bagi anak yang alergi.
Belajar melalui bermain merupakan metode yang sangat menyenangkan bagi anak. Apalagi, aktivitas bermain memang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari anak. Dengan demikian, mainan menjadi barang yang sangat penting untuk dimiliki setiap anak sebagai sarana pembelajaran yang seru dan mengasyikkan.

Meskipun aktivitas bermain sangatlah penting bagi anak, tidak lantas membuat Anda sembarangan memilih mainan untuknya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membelikan mainan untuk buah hati tercinta.

Perhatikan Keamanan Mainan

Pilihlah mainan yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk anak. Terlebih lagi, anak-anak cenderung memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Jangan sampai bahan beracun yang terdapat di mainan berpindah ke tubuhnya.

Sebaiknya, hindari mainan yang mengandung plastik PVC (polyvinyl chloride). Bahan ini mengandung zat karsinogenik seperti vinyl chloride, dioksin, dan phthalates yang dapat menyebabkan alergi dan gangguan reproduksi. Mainan yang berlabel nomor 3 diketahui mengandung PVC. Sementara itu, mainan berlabel “bebas PVC” memiliki angka 1, 2, atau 4 pada bagian bawahnya.

Bisphenol A (BPA) – suatu zat yang terkandung dalam berbagai produk plastik – dapat menyebabkan gangguan hiperaktif, kanker, pubertas dini, dan obesitas. Oleh sebab itu, hindari mainan plastik yang berlabel nomor 7 pada bagian bawahnya, karena mengandung BPA.

Selain itu, jangan memilih mainan yang berukuran kecil yang dapat berisiko tertelan dan menyebabkan anak tersedak. Mainan anak yang berbunyi terlalu keras juga tidak baik, karena dapat mengganggu pendengarannya.

Hal Khusus bagi Anak yang Alergi

Sebelum memilih mainan bagi anak yang alergi, kenali dulu bahan-bahan apa yang menyebabkan anak Anda alergi. Benda tersebutlah yang harus dihindari.

Umumnya anak-anak kecil menyenangi boneka berbulu yang lucu. Namun, di balik kelucuannya, boneka berbulu dapat menyimpan debu dan tungau yang dapat memicu alergi. Akan lebih baik jika Anda memilih boneka yang tidak berbulu. Atau, jika anak sudah telanjur jatuh cinta kepada boneka tertentu, pastikan Anda mencucinya secara teratur agar debu dan tungau tidak hinggap.

Untuk alternatif lainnya, ada boneka kain atau berbulu yang diklaim aman untuk anak alergi dan telah mendapatkan sertifikasi dari Asthma and Allergy Foundation of America. Mainan ini pun aman untuk bayi baru lahir.

Selain itu, boneka yang diisi dengan bahan tertentu dapat berbahaya bagi anak yang alergi kacang, karena ada sebagian boneka yang diisi dengan bahan yang mengandung kacang. Pilihlah boneka yang diisi oleh bahan sintetis, misalnya poliester atau fiber.

Anak yang sudah beranjak besar biasanya senang memainkan lilin mainan yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam benda, mulai dari binatang, kue, dan lain-lain. Lilin mainan tersebut umumnya mengandung gandum, dan akan bermasalah bagi anak yang alergi gandum. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih lilin mainan yang bebas gandum. Atau sebagai alternatif yang lebih hematnya, Anda dapat membuat sendiri lilin mainan yang bebas gandum.

0 Komentar

Belum ada komentar