Sukses

Benarkah Susu Kedelai Mampu Mencegah Osteoporosis?

Susu kedelai merupakan produk olahan kacang kedelai yang diyakini mampu mencegah osteoporosis. Namun, benarkah susu kedelai memiliki manfaat demikian? Berikut ulasannya.

Susu kedelai merupakan salah satu produk olahan kedelai yang umumnya dikonsumsi oleh mereka yang memiliki intoleransi laktosa, yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi. Susu kedelai diyakini sebagai salah satu asupan yang mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Namun, benarkah demikian?

Perlu Anda ketahui, susu kedelai pada umumnya memiliki kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Namun pada susu kedelai yang difortifikasi, kandungannya menjadi bertambah dengan adanya vitamin B, vitamin D, vitamin E, dan kalsium. Selain itu, kedelai yang merupakan bahan utama susu kedelai ini juga mengandung isoflavon yang disebut sebagai phytoestrogen.

Lalu, apakah susu kedelai mampu mencegah terjadinya osteoporosis?

Protein kedelai yang ada di dalam susu kedelai mampu membantu proses penyerapan kalsium dalam tulang menjadi lebih baik. Sedangkan isoflavon pada kedelai berfungsi untuk menghambat terjadinya kehilangan massa tulang dan menghambat kerusakan yang terjadi pada tulang, yang pada gilirannya dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Jadi, bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, tidak ada salahnya jika ingin menjadikan susu kedelai sebagai asupan tambahan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Namun ingatlah, mencegah osteoporosis hanya dengan mengonsumsi susu kedelai tidaklah cukup. Oleh karena itu, pastikan juga diri Anda untuk dapat berolahraga secara rutin dan teratur, serta menerapkan pola hidup yang sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar