Sukses

Kenapa Nyeri Otot Setelah Olahraga?

Nyeri otot biasa dialami saat pertama kali berolahraga atau saat sudah lama tidak berolahraga. Apa penyebab nyeri otot tersebut?

Pasti Anda pernah mengalami nyeri otot setelah melakukan olahraga. Nyeri otot biasanya timbul satu sampai dua hari setelah olahraga, dan umumnya menghilang setelah empat hari.

Nyeri otot merupakan fenomena yang timbul berkaitan dengan meningkatnya aktivitas fisik. Nyeri otot dialami oleh semua individu sebagai respons yang normal terhadap aktivitas fisik yang tidak biasa dilakukan atau terlalu berlebihan.

Mekanisme yang mendasari timbulnya nyeri otot ialah munculnya sejumlah enzim otot setelah latihan berat. Hal ini menunjukkan kerusakan struktural yang terjadi di membran otot. Konsentrasi enzim ini di dalam darah meningkat hingga 2-10 kali, tergantung seberapa berat latihan yang dilakukan.

Seorang peneliti mengamati keadaan otot pada pelari maraton yang melakukan latihan berat menjelang turnamen. Mereka menemukan kerusakan yang hebat pada serabut otot di bagian kaki. Hal tersebut diyakini berkaitan dengan penggunaan otot yang berlebihan pada daerah tersebut. Terlihat bahwa membran sel otot tampak benar-benar pecah, sehingga isi sel mengambang bebas antara serabut otot normal lainnya. Untungnya, tidak semua kerusakan sel-sel otot parah. Namun, kerusakan serat otot yang terjadi akibat aktivitas fisik yang tidak berlebihan atau biasa dilakukan umumnya tidak menimbulkan nyeri otot.

Tidak ada pengobatan untuk nyeri otot setelah olahraga, namun Anda bisa melakukan beberapa kiat berikut untuk mengurangi keluhan tersebut:

  1. Kompres daerah yang nyeri dengan menggunakan kantong berisi air es atau es batu.
  2. Lakukan pemijatan.
  3. Istirahat.
  4. Bila nyeri sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang nyeri seperti aspirin atau ibuprofen.
  5. Mengonsumsi suplemen omega-3 seperti yang terkandung pada minyak krill. Minyak krill mengandung banyak asam lemak omega-3, EPA (eicosapentaenoic acid), dan DHA (docosahexaenoic acid). Selain itu, minyak krill juga mengandung asam lemak omega-6, antioksidan yang tergolong karotenoid yang dinamakan astaxanthin, dan substansi yang dinamakan phospolipid. Minyak krill mampu mengatasi inflamasi pada otot yang merupakan penyebab timbulnya nyeri.

Di samping itu, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa pemanasan sebelum olahraga mampu mencegah terjadinya nyeri otot setelah olahraga. Tetapi dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga, maka dapat mencegah terjadinya cedera dan meningkatkan kualitas latihan Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar