Sukses

Perawatan Kulit Wajah untuk Pria

Meskipun pria tidak menggunakan kosmetik, bukan berarti pria tidak perlu merawat kulit wajah. Dengan perawatan yang tepat, kulit wajah pria akan tampak sehat, segar, dan lebih awet muda.

Kulit wajah pria dan wanita berbeda. Kulit pria pada dasarnya lebih tebal, sehingga tidak sensitif seperti kulit wanita. Karena pria juga tidak menggunakan kosmetik, oleh karena itu perawatannya tidak serumit wanita.

Selain itu, pria juga perlu mencukur bulu-bulu di wajahnya. Hal ini dapat berisiko menyebabkan iritasi dan infeksi apabila tidak dilakukan dengan benar.

Pembersih Wajah

Pria dapat memilih pembersih wajah yang berbentuk batang atau cair. Gunakan pembersih wajah yang tidak mengeringkan dan memberi rasa kesat pada kulit. Sebaliknya, pilihlah pembersih yang mengandung pelembap, seperti gliserin, vitamin E, minyak zaitun, atau minyak jojoba.

Apabila kulit wajah Anda rentan berjerawat, gunakan produk yang bebas minyak dan tidak menyumbat pori. Anda juga bisa memilih produk pembersih wajah yang mengandung bahan yang bisa mengelupas sel-sel kulit mati, membersihkan komedo dari pori, dan memiliki ativitas antibakteri seperti asam salisilat, asam glikolat, atau benzoil peroksida.

Pelembap

Untuk pria yang memiliki kulit kering, gunakan pelembap berbentuk krim. Untuk kulit normal, dapat menggunakan losion yang lebih ringan.

Sementara itu, mereka yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat dapat memilih pelembap wajah yang berbentuk gel. Pastikan pelembap wajah tersebut bebas minyak dan tidak menyumbat pori. Pelembap yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat juga dapat memberi manfaat lebih bagi pemilik kulit berminyak.

Tabir Surya

Tabir surya tersedia dalam bentuk losion, krim, atau spray. Gunakan selalu tabir surya setiap pagi – meskipun hari mendung – untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan flek hitam, kerutan, kulit kusam, dan berbagai tanda penuaan dini lainnya. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu menggunakan tabir surya.

American Academy of Dermatology merekomendasikan pemakaian tabir surya dengan SPF minimal 30.

Produk Bercukur

Sebelum bercukur, Anda dapat menggunakan sejenis minyak yang dapat memudahkan Anda bercukur, sehingga bulu-bulu jenggot, kumis, dan jambang menjadi lebih lembut dan mudah dicukur. Hal ini akan menghindarkan Anda dari luka dan iritasi akibat bercukur. Gunakan minyak tersebut beberapa menit sebelum mulai bercukur.

Apabila kulit wajah mengalami iritasi setelah bercukur, Anda dapat menggunakan pelembap yang mengandung lidah buaya untuk meredakan iritasi tersebut.

Pilihlah pisau cukur yang berisi satu atau dua bilah pisau. Hindari yang menawarkan isi pisau lebih dari dua. Pisau cukur elektrik umumnya akan lebih aman dibandingkan dengan pisau cukur manual.

Selalu cukur bulu sesuai dengan arah pertumbuhannya – jangan sebaliknya – untuk menghindari terjadinya iritasi. Setelah selesai mencukur, gunakan losion atau pelembap.

0 Komentar

Belum ada komentar