HomeGaya hidupSehat dan BugarCara Memilih Sepatu Olahraga yang Baik
Sehat dan Bugar

Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Baik

dr. Kartika Mayasari, 17 Mei 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sepatu yang nyaman sangat diperlukan untuk mencegah cedera saat berolahraga. Karenanya, memilih sepatu olahraga yang tepat adalah hal yang wajib dilakukan.

Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Baik

Berikut adalah cara-cara memilih sepatu olahraga yang baik untuk Anda:

  1. Pilih sepatu olahraga yang sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan. Jika berlari, pilih sepatu khusus berlari. Jika ingin melakukan basket, maka Anda harus memilih sepatu khusus basket. Beda olahraga beda pula jenis sepatu yang harus digunakan. Sepatu lari didesain untuk pergerakan tubuh ke depan dan ke belakang. Sepatu basket untuk mempermudah gerakan memutar, melompat, serta berlari menggiring bola. Apabila Anda belum yakin olahraga apa yang akan Anda tekuni, pilih sepatu yang memiliki fungsi untuk dikenakan di banyak macam olahraga, misalnya sepatu lari.
  2. Pilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki Anda. Seperti diketahui bahwa setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda, sehingga hal ini juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan.
  3. Pilih ukuran yang tepat. Sepatu yang kekecilan akan mengurangi kenyamanan Anda saat berolahraga.
  4. Coba langsung di tempat. Sebaiknya Anda mencoba langsung sepatu yang Anda inginkan di tempat Anda membeli, dengan cara mencoba berjalan atau berlari menggunakan sepatu tersebut.

Sepatu OlahragaPencegahan Nyeri

Konsultasi Dokter Terkait