Sukses

Sakit Kepala Saat Mandi, Apa Solusinya?

Pernahkah Anda terpikir bahwa mandi membuat Anda sakit kepala? Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?
Sakit kepala dapat membuat Anda begitu terganggu, apalagi terjadi di saat Anda mandi. Pernahkah Anda terpikir bahwa mandi membuat Anda sakit kepala? Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Mandi adalah kegiatan yang rutin kita lakukan, seperti halnya makan dan minum. Mandi merupakan salah satu usaha kita untuk terhindar dari penyakit akibat kurangnya menjaga kebersihan diri. Namun, ada beberapa kondisi yang memicu timbulnya sakit kepala saat mandi, terutama apabila Anda memiliki riwayat migrain sebelumnya.

Pada dasarnya, alasan mengapa mandi dapat mencetuskan sakit kepala masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Beberapa teori menyebutkan bahwa kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan suhu yang tiba-tiba (terutama saat Anda mengguyurkan air ke kepala), sehingga memicu datangnya migrain.

Air yang dingin atau air yang terlampau panas akan memicu tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh demi mengompensasi hal tersebut. Kompensasi yang dimaksud ialah vasokonstriksi di pembuluh darah kecil pada kepala. Pada orang dengan migrain, sakit kepala lebih mudah timbul. Dan perubahan suhu inilah yang dianggap menjadi pencetus migrain.

Untuk menghindari sakit kepala saat mandi, basahilah tubuh secara perlahan dengan air yang tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Apabila tidak tersedia, basuhlah tangan dan kaki terlebih dahulu.

Konsumsi obat-obatan antinyeri dapat menjadi pilihan, terutama apabila keluhan sakit kepala menetap serta membuat aktivitas terganggu. Dan sebaiknya, penggunaan obat-obatan antinyeri ini dilakukan di bawah pengawasan dokter untuk mencegah efek yang tidak diinginkan.

0 Komentar

Belum ada komentar