HomeInfo SehatPencernaanGejala Asam Lambung Naik ke Kepala dan Cara Mengatasinya
Pencernaan

Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala dan Cara Mengatasinya

Nimas Mita, 19 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Asam lambung naik bisa bikin kamu sakit kepala. Simak ciri sakit kepala akibat maag dan cara mengatasinya di sini.

Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala dan Cara Mengatasinya

Masalah asam lambung naik yang dibiarkan dapat menimbulkan berbagai gejala lain. Dari nyeri ulu hati, bahkan asam lambung bisa “naik ke kepala” hingga menyebabkan pusing.

Maksud dari asam lambung naik ke kepala di sini adalah efek samping yang ditimbulkan dari kondisi tersebut dapat membuat kepala sakit, pusing, bahkan migrain.

Lantas, bagaimana bisa kondisi asam lambung naik menyebabkan kepala sakit dan pusing? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Sampai saat ini, belum ada penjelasan lebih lanjut mengapa gangguan pencernaan seperti maag dan GERD dapat menyebabkan sakit kepala bahkan migrain.

Namun, pada berbagai penelitian membuktikan bahwa organ pencernaan dan area otak terhubung, koneksi ini disebut dengan gut-axis.

Jadi, ketika salah satu mengalami masalah, misalnya gejala maag muncul, otak bisa saja memberi sinyal lain dan menimbulkan sakit kepala. dapat memicu sakit kepala.

Akibatnya, muncul gangguan pada area telinga. Padahal organ telinga ini berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Nah, pada akhirnya bisa menyebabkan pusing dan migrain.

Asam lambung naik juga dapat membuat perut kembung dan membuat perut terasa bergas. Sensasi ini pula dapat memicu sakit kepala dan pusing. 

Tanda dan Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala

Asam lambung kronis atau GERD dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing.

Sayangnya sampai saat ini, belum ada yang bisa membedakan apakah sakit kepala tersebut akibat masalah asam lambung naik atau bukan.

Belum ada ciri khas tertentu yang membuat kita tahu bahwa sakit kepala tersebut akibat asam lambung naik.

Namun, umumnya ketika maag kambuh, gejala lain juga akan muncul, seperti nyeri ulu hati, perut kembung, mual, dan muntah.

Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala

Mengobati sakit kepala karena gangguan lambung dapat dilakukan dengan mengatasi masalah maag itu sendiri.

Berikut cara mengatasi asam lambung naik ke kepala yang bisa kamu coba.

1. Mengubah Pola Makan

Bila kamu punya maag, kamu bisa atur pola makanmu dengan mengganti porsi makananmu jadi lebih kecil-kecil tapi sering. Hindari juga makan terlalu cepat.

Pastikan juga kamu makan tepat waktu agar ketika asam lambung kamu diproduksi, ada makanan yang bisa dicerna dan mencegah berbagai gejala muncul, termasuk sakit kepala.

Hal ini mempermudah lambungmu mencerna makanan, sehingga mencegah produksi asam lambung dalam jumlah banyak.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Ini 8 Bahaya Asam Lambung Naik yang Dibiarkan

2. Hindari Makanan Pemicu

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung naik, seperti makanan pedas, berlemak tinggi, minuman berkafein dan berkarbonasi.

Nah, bila kamu punya maag, sebaiknya hindari makanan tersebut. Pada sebagian orang, ada jenis makanan dan minuman lain yang dapat memicu asam lambung naik. Jadi, ketika sewaktu-waktu maag kambuh, ingat-ingat apa saja yang kamu makan sebelumnya.

Dengan begitu, kamu bisa menghindari konsumsi makanan tersebut, sehingga tidak memicu maag kambuh di kemudian hari.

3. Minum Obat

Ketika maag kambuh dan menyebabkan sakit kepala, kamu bisa segera mengonsumsi obat khusus untuk mengatasi asam lambung naik.

Salah satu obat maag yang bisa kamu coba adalah Promag. Promag memiliki berbagai variasi obat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ada Promag Tablet serta Promag Cair yang praktis bisa kamu konsumsi di mana saja dan kapan pun sehingga bisa atasi maag kamu #TanpaDramaag.

Ada juga varian Promag Double Action yang bekerja ganda dengan kombinasi kandungan antasida dan H2 Blocker menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung sehingga bisa mengatasi gejala maag dengan cepat.

Artikel Lainnya: Catat, 14 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

4. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala asam lambung yang naik ke kepala berlangsung terus-menerus hingga mengganggu aktivitas kamu, segera konsultasi dengan dokter. 

Untuk keluhan maag, kamu bisa konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan menggunakan berbagai fitur dan membaca informasi kesehatan di KlikDokter.

gangguan lambungSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait