Sukses

Dukung Kecerdasan Anak dengan Lima Nutrisi Ini

Nutrisi yang tepat akan sangat berpengaruh bagi perkembangan otak dan kecerdasan anak. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Pemberian nutrisi yang baik dapat membuat anak tumbuh kuat, sehat, dan memiliki perkembangan otak yang sempurna.

Untuk memenuhi nutrisi ini, Bunda tidak hanya cukup mengandalkan teori yang ada, tapi Bunda juga harus memahami tumbuh kembang anak secara langsung.

Nutrisi yang penting untuk anak terbagi menjadi dua, yaitu makronutrien dan mikronutrien. Contoh dari makronutrien adalah karbohidrat, protein, lemak. Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral seperti kolin, zat besi, vitamin A, C, D dan E.

Berikut ini beberapa mikronutrien yang diperlukan anak untuk tumbuh kembang yang optimal beserta fungsinya:

1.Zat besi

Zat besi penting untuk memproduksi hemoglobin yang bertugas sebagai pembawa oksigen dalam darah, serta mioglobin yang mengandung pigmen yang menyimpan oksigen di otot. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia yang dapat menyebabkan lelah dan lesu.

2.      Kolin

Kolin merupakan nutrisi yang larut dalam air yang berhubungan dengan vitamin lain, seperti folat dalam kelompok vitamin B kompleks. Sama seperti vitamin B lainnya, kolin juga memiliki peran yang sama untuk energi dan peningkatan fungsi otak.  Kolin dapat ditemukan dalam berbagai makanan atau minuman yang mengandung lemak, misalnya susu.

3.      Vitamin A

Vitamin  A berperan penting dalam membantu pertumbuhan tulang, mencegah infeksi, meningkatkan kesehatan, pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh termasuk rambut, kuku dan kulit.

4.      Vitamin C

Vitamin C berguna untuk membentuk dan memperbaiki sel darah merah, menjaga kesehatan gusi, memperkuat pembuluh darah, mencegah infeksi, serta membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

5.      Vitamin D

Vitamin D dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi dengan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

0 Komentar

Belum ada komentar