Sukses

Kiat Memilih Sekolah TK yang Baik

TK adalah awal pendidikan untuk anak sebelum ia menempuh sekolah yang lebih tinggi yaitu SD atau Sekolah Dasar. Untuk itu, ketahuilah kiat-kiat memilih sekolah TK yang baik untuk anak di sini!

Kini banyak sekali TK yang menawarkan beberapa keunggulan, mulai dari TK yang berstandar nasional hingga TK yang berstandar international. Mereka berlomba-lomba menyuguhkan fasilitas serta tenaga kerja yang baik untuk anak.

Tidak heran saat anak baru berumur 3 tahun, banyak sekali para orangtua yang sudah mulai mencari informasi tentang TK mana yang cocok untuknya

Pendidikan adalah hal penting yang harus ditempuh anak. Untuk itu, Bunda sebagai orangtua wajib memberikan tempat pendidikan yang layak untuk anak. Saat waktu anak telah tiba untuk masuk sekolah, saat itu pula para orangtua mulai kebingungan dengan bagaimana cara memilih TK yang baik untuk anak.

Sebelum ke inti permasalahan yang sering dialami orangtua yaitu memilih TK yang baik, hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah: Sudah siapkah anak untuk bersekolah? Kesiapan anak untuk sekolah ini sangat penting agar ia tidak merasa terpaksa, serta dapat menerima pelajaran atau kegiatan di sekolah secara maksimal.

Berikut adalah beberapa kiat dalam memilih TK yang baik untuk anak:

  • Perhatikan jarak antara tempat tinggal Bunda dan sekolah anak.Usahakan jaraknya tidak lebih dari 5 km. Perjalanan yang jauh akan membuat anak lelah di perjalanan, sehingga bisa berpengaruh pada emosinya. Ia akan menjadi mudah marah, dan hal ini tentu akanberdampak pada proses belajarnya di kelas. Selain itu, jarak yang jauh akan membuat anak kekurangan jam istirahat akibat dari terlalu lama di perjalanan.
  • Perhatikan kualitas guru yang ada pada sekolah TK tersebut. Kualitas guru yang dimaksud tidak hanya kualitas pendidikan dari si guru, tapi kualitas cara mendidik dan kesabaran dalam memperlakukan anak. Jumlah guru yang ada juga harus diperhatikan. Setidaknya harus ada dua guru dalam satu kelas yang berisi 20 murid.
  • Perhatikan fasilitas yang ada di sekolah TK tersebut. Seberapa luas dan apa saja yang bisa dilakukan anak di sekolah. Semakin beragam kegiatan yang bisa dilakukan di sekolah, akan semakin baik pula untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.
  • Biaya masuk dan biaya perbulan. Usahakan biaya sekolah anak sesuai dengan kemampuan Ayah dan Bunda.
  • Sebelum Bunda memilih sekolah TK, sebaiknya bandingkan satu sekolah dengan sekolah yang lain agar Bunda dapat memilih dengan baik.

0 Komentar

Belum ada komentar