Sukses

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Anak Sejak Dini

Memiliki anak dengan tumbuh kembang yang optimal merupakan impian setiap orangtua. Untuk mencapainya memang diperlukan hal ekstra seperti memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat sesuai untuk usianya.

Sudah tahukah Bunda kecukupan nutrisi anak, dalam hal ini vitamin dan mineralnya?

Nutrisi memang menjadi hal penting bagi anak, di mana asupan nutrisi ini terbagi menjadi dua yaitu makronutrien dan mikronutrien. Tentunya Bunda tidak akan lupa dengan sumber makanan makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak. Namun, mungkin Bunda sering luput untuk memberikan sumber nutrisi mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Kedua asupan nutrisi tersebut -- baik makronutrien dan mikronutrien – haruslah dikonsumsi secara seimbang agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Menurut WHO, walaupun mikronutrien dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun mereka sangat vital dalam tumbuh kembang anak karena membantu tubuh untuk memproduksi enzim, hormon dan zat lain untuk tumbuh kembang. Mikronutrien lain yang juga tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah:

  • Seng dikaitkan dengan pencegahan diare dan juga pneumonia.
  • Vitamin B kompleks membantu tubuh untuk menghasilkan energi dan penting untuk otot saraf, jantung, pencernaan, serta kulit.
  • Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas serta infeksi.
  • Vitamin D, Kalsium, Magnesium sangat berguna untuk kesehatan tulang.
  • Dan lain-lainnya.

Pada tabel di bawah ini, terdapat kandungan mikronutrien yang dibutuhkan oleh anak berdasarkan RNI (Recommended Nutrient Intake) dan UL (Nutrient Intake Level) menurut WHO/FAO:

0 Komentar

Belum ada komentar