Sukses

Jaga Kesehatan Saluran Cerna Anak

Saluran cerna memiliki fungsi yang sangat penting. Karena itu, menjaga kesehatan saluran cerna anak dapat dimulai sejak dini.

Komposisi zat gizi yang tepat dan jumlah nutrisi yang sesuai diperlukan untuk tumbuh kembang anak yang optimal, termasuk dalam menjaga kesehatan saluran cerna.

Gangguan pencernaan yang terjadi pada anak akan mengakibatkan tumbuh kembangnya terganggu, misalnya berat badan kurang, hilang konsentrasi belajar, dan sebagainya. Biasanya gangguan pencernaan disebabkan karena sistem pencernaannya yang belum sempurna, pola makan yang tidak teratur, atau makanan atau minuman yang dapat memicu terjadinya masalah tersebut.

Saat ini, berbagai makanan dan minuman yang diperkaya dengan zat-zat bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna anak makin banyak di pasaran. Zat-zat tersebut di antaranya prebiotik, probiotik, laktalbumin, dan laktoferin. Di sinilah orangtua berperan secara cermat memilih produk mana yang terbaik untuk tumbuh kembang anak.

Prebiotik Vs Probiotik

Terkadang kita sering dikacaukan dengan istilah prebiotik dan probiotik. Kedua hal ini berbeda.

Prebiotik merupakan suatu makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna. Sedangkan probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam dalam jumlah yang memadai, maka dapat memberikan keuntungan dari segi kesehatan kepada manusia.

Jadi bisa dikatakan prebiotik adalah suatu zat untuk meningkatkan keberadaan mikroorganisme baik tersebut, sementara probiotik adalah mikroorganisme baiknya. Mikroorganisme baik yang termasuk ke dalam probiotik contohnya Bifidobacterium longum dan Bifidubacterium breve

Efek probiotik dijelaskan dalam beberapa penelitian, memberikan dampak yang baik bagi saluran cerna. Beberapa penelitian lain bahkan menyebutkan bahwa probiotik dapat memberikan efek yang menguntungkan bagi sistem imun pada beberapa kondisi, seperti dermatitis atopi dan asma.  

Alfa-Laktalbumin & Laktoferin

Selain prebiotik, terdapat zat lain yang dapat meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme baik, yang dikenal dengan alfa-laktalbumin. Selain meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna, alfa-laktalbumin juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Zat lain yang dapat memberikan manfaat untuk sistem imun adalah laktoferin. Laktoferin merupakan sel yang berperan dalam sistem imun mamalia. Laktoferin mirip dengan feritin, yaitu sama-sama merupakan glikoprotein yang dapat mengikat zat besi. Dengan mengikat zat besi yang merupakan zat yang esensial bagi makhluk hidup, laktoferin dapat bersifat antibakteri. Laktoferin secara alamiah terdapat pada ASI dan susu.

0 Komentar

Belum ada komentar