Sukses

Siasati Kaki Bengkak Saat Hamil dengan Cara Ini

Kaki bengkak saat hamil merupakan suatu keluhan yang sering kali terjadi pada ibu hamil. Ketahui cara siasati kaki bengkak saat hamil bersama dr. Dyah Novita Anggraini berikut ini.

Kaki bengkak saat hamil merupakan keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Kaki bengkak saat hamil biasanya terjadi pada minggu ke 22 sampai 27 kehamilan dan bertahan sampai masa melahirkan.

Selama masa kehamilan, tubuh memproduksi darah dan cairan tubuh lebih banyak 50% untuk memenuhi kebutuhan perkembangan bayi di dalam kandungan. Bengkak saat hamil merupakan hal yang normal terjadi terkait penambahan jumlah darah dan jumlah cairan di dalam tubuh. Peningkatan jumlah cairan dapat membantu untuk mempersiapkan rongga panggul dan jaringan sekitarnya pada saat pembukaan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kaki bengkak saat hamil, antara lain:

Berbaring miring ke kiri untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah balik (vena). Pasalnya, letak vena cava berada di sisi kanan, maka berbaring di sisi bagian kiri merupakan cara yang baik untuk mengurangi pembengkakkan yang terjadi.
  • Angkat kedua kaki ke atas.
  • Hindari menyilangkan kaki saat Anda duduk.
  • Saat Anda duduk, jangan lupa untuk sering meregangkan kaki, lalu putar tumit dan gerakan jari-jari kaki Anda.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama, selingi dengan berjalan untuk menjaga aliran darah agar tidak terkumpul di anggota gerak tubuh bagian bawah.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak sempit.
  • Jangan gunakan kaus kaki atau stocking yang dapat menekan kaki.
  • Gunakan stocking khusus ibu hamil pada malam hari untuk mencegah pengumpulan darah di area sekitar tumit.
  • Perbanyak asupan air putih guna membantu tubuh untuk mempertahankan cairan di dalam tubuh.
  • Hindari bepergian terlalu lama jika cuaca sangat panas dan terik. Rutin berolahraga, seperti berjalan dan berenang.
  • Kurangi asupan garam pada makanan dan hindari makanan cepat saji.

Namun, terdapat beberapa kondisi terkait bengkak saat hamil yang mengharuskan Anda untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Beberapa kondisi tersebut, antara lain:

  • Pembengkakkan secara tiba-tiba

Pembengkakkan secara tiba-tiba, yang terdapat di daerah tangan, mata dan wajah. Kejadian ini merupakan salah satu gejala preeklampsia. Preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan dengan tingginya kadar protein pada urine (proteinuria). Preeklamsia yang tidak disadari oleh sang ibu hamil bisa berkembang menjadi eklamsia, kondisi medis serius yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janin di dalam kandungannya.

  • Bengkak di salah satu kaki

Hal ini merupakan tanda terjadinya pembekuan darah. Bila gumpalan darah menyebar sampai ke organ-organ vital, seperti jantung, otak, atau paru-paru, maka kondisi ini bisa mengancam nyawa sang ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungannya.

0 Komentar

Belum ada komentar