Sukses

Kiat Jitu Lolos Tes Kesehatan saat Cari Kerja

Kesulitan lolos tes kesehatan saat cari kerja? Ini kiat sederhana yang efektif bantu Anda untuk bekerja di perusahaan idaman.

Klikdokter.com, Jakarta Cari kerja adalah suatu langkah awal untuk mencapai cita-cita. Namun ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, ada banyak orang yang tidak lolos tes kesehatan.

Faktanya, banyak pencari kerja yang mendapat nilai merah dalam tes kesehatan. Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi adalah dua penyebab utamanya.

Ada banyak hal yang diduga menjadi pemicu kedua hal tersebut di atas. Seperti kebiasaan merokok, kesehatan jiwa/ psikis, pola makan tidak teratur, atau bahkan narkoba.

Sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Akibatnya, mereka baru mengetahui hal tersebut saat dirawat di rumah sakit atau mengikuti tes kesehatan saat mencari kerja.

Perusahaan tentu akan rugi bila produktivitas karyawan terhambat karena kondisi kesehatan. Misalnya karena disebabkan tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Bahkan kedua kondisi ini merupakan cikal bakal dari penyakit jantung dan stroke.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan, Anda dianjurkan untuk terlebih dahulu memeriksakan:

  • Tekanan darah
  • Kadar kolesterol lengkap (LDL, HDL, Trigliserida)
  • Kadar gula darah
  • Indeks massa tubuh (IMT)

Agar kesehatan Anda terus terjaga, pemeriksaan di atas seharusnya tidak hanya dilakukan saat hendak cari kerja saja. Tetapi sebaiknya dilakukan secara rutin setiap tahun.

Namun, bila dari pemeriksaan sebelumnya angka tekanan darah ≤120/80 mmHg, maka Anda sebaiknya memeriksakannya paling tidak 2 tahun sekali. Jika lebih dari itu, maka Anda harus memeriksakannya lebih sering.

Ada beberapa tanda yang bisa menjadi sinyal bagi Anda untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan teratur. Misalnya: angka tekanan darah, kadar gula darah, atau kolesterol yang di atas normal. Apalagi bila disertai angka IMT yang menunjukan kelebihan berat badan atau obesitas.

Di samping itu, Anda juga perlu berolahraga lebih rutin dan menerapkan gaya hidup sehat sebelum akhirnya memutuskan untuk melamar pekerjaan. Bila Anda memiliki kebiasaan merokok atau minum alkohol, sebaiknya hentikan dari sekarang.

Sederhana dan mudah dilakukan, namun efektivitasnya dalam membantu Anda lolos tes kesehatan saat cari kerja tidak diragukan lagi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lakukan sekarang juga!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar