Kesehatan Umum

5 Jenis Makanan Ini Solusi Migrain Anda

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 16 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernah mengalami serangan migrain? Ternyata, ada beberapa makanan yang berkhasiat untuk mengatasi migrain. Penasaran? Simak disini.

5 Jenis Makanan Ini Solusi Migrain Anda

Migrain merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Penyakit ini lebih sering dialami wanita dibandingkan pria. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, dari total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30 persen di antaranya merupakan sakit kepala migrain.

Pada sebagian orang, serangan migrain dapat muncul hanya beberapa kali dalam setahun. Sementara pada sebagian lainnya, migrain dapat muncul hingga beberapa kali dalam seminggu. Sementara, pada kasus tertentu, migrain melanda di kedua sisi kepala bahkan menyerang leher penderita.

Faktor yang diduga menjadi penyebab kondisi tersebut adalah adanya ketidakseimbangan hormonal, makanan, stres atau kurang tidur. Solusi untuk mengatasinya bisa dengan menerapkan pola hidup sehat. Penderita migrain juga disarankan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

Berikut makanan yang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi migrain:

1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran banyak mengandung estrogen tumbuhan yang dapat mengurangi efek negatif dari estrogen tubuh manusia. Makanan ini khususnya berguna untuk wanita yang menderita migrain pada masa menstruasi akibat penurunan kadar estrogen tubuh.Selain itu, buah dan sayur merupakan makanan rendah lemak. Ketika Anda makan rendah lemak, maka tubuh Anda akan memproduksi estrogen lebih sedikit.

2. Ikan

Ikan seperti salmon, ikan herring, dan mackerel merupakan contoh ikan yang baik untuk meredakan sakit kepala. Ikan ini kaya akan Omega 3 yang memiliki efek anti peradangan dan baik untuk meredakan sakit kepala Anda.

3. Kopi

Walaupun kandungan kafein dapat mencetuskan migrain pada beberapa orang, secangkir kopi dapat membantu menurunkan nyeri kepala saat migrain. Kafein merupakan bahan makanan yang efektif dalam menurunkan nyeri kepala dan merupakan komponen berbagai obat pereda nyeri kepala.

4. Jahe

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung zat yang menyerupai antiradang dan dapat membantu menurunkan nyeri kepala Anda. Walaupun belum banyak penelitian terkait manfaat jahe pada sakit kepala, setidaknya jahe dapat digunakan untuk menurunkan efek mual akibat migrain.

5. Makanan kaya magnesium

Diantara orang yang sering menderita migrain, banyak yang mengalami defisiensi magnesium. Karena itu konsumsi magnesium dipercaya dapat menurunkan intensitas nyeri kepala migrain seperti kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Sekarang Anda telah mengetahui makanan yang dapat mengatasi migrain. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makan yang tepat dapat terhindar dari migrain. Silahkan mencoba!

(DA/ RH)

MigrainCara Mengatasi MigrainNyeri Kepala

Konsultasi Dokter Terkait