Sukses

Sakit Kepala di Bagian Belakang, Apa Penyebabnya?

Pernahkah Anda mengalami nyeri sakit kepala di bagian belakang? Baca artikel ini untuk mengintip penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sakit kepala di bagian belakang adalah keluhan yang kerap ditemui dan bisa menyerang siapa saja. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak menyadari penyebab dari nyeri itu sendiri.

Berikut ini penjelasan penyebab seseorang mengalami nyeri sakit kepala di bagian belakang:

  1. Tension type headache

    Tension type headache adalah nyeri kepala degan gejala nyeri tumpul pada sekitar kepala. Nyeri kepala juga dirasakan pada bagian belakang kepala. Sakit kepala ini merupakan penyebab sakit kepala yang paling umum pada orang dewasa. Sakit kepala ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti cahaya, stress dan dehidrasi.

  2. Spasm otot leher

    Banyak yang tidak mengetahui bahwa gangguan pada otot dan tulang pada leher dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Salah satu gangguan leher yang dapat menyebabkan keluhan sakit kepala adalah spasm otot leher. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti cedera pada leher atau kesalahan posisi kepala dalam waktu yang lama.

  3. Giant cell arteritis

    Giant cell aretritis adalah peradangan pembuluh darah yang dapat melibatkan pembuluh darah daerah oksipital yang berada pada bagian belakang kepala. Gangguan pembuluh darah ini dapat menyerang hampir seluruh pembuluh darah pada tubuh seperti pembuluh darah pada kepala, mata, dan ekstremitas.

  4. Perdarahan subarachnoid

    Salah satu penyebab serius dari nyeri kepala belakang adalah perdarahan di dalam otak. Biasanya keluhan nyeri kepala yang dirasakan adalah nyeri kepala hebat yang terjadi secara tiba-tiba. Kecurigaan perdarahan subarachnoid khususnya terjadi pada seorang yang baru saja mengalami cedera kepala. Untuk menegakkan diagnosis perdarahan diperlukan pemeriksaan CT-scan kepala.


Jika Anda mengalami keluhan sakit kepala dengan intensitas yang berat dan tak kunjung sembuh segera mengunjungi dokter untuk memastikan bahwa sakit kepala belakang yang Anda alami bukan berasal dari gangguan kepala yang serius.

(DA/ RH)

1 Komentar

  • Asdiindo Junanto

    Pagi dokter Mau tanya , saya sering mengalami sakit kepala di bagian bahu dan leher ( spasm otot leher ) setiap hari ? Bagaimana solusi nya . Terima kasih