Sukses

Kenali Jenis Sakit Kepala yang Kerap Menyerang Anda

Tahukah Anda, setiap jenis sakit kepala memiliki perbedaan gejala, keluhan serta cara penanganan medisnya lho. Bagaimana mengenalinya?

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang dapat menyerang siapa saja. Faktor rutinitas sehari-sehari membuat orang mudah terserang sakit kepala –seperti stres saat bekerja, kurang tidur, atau bahkan terlalu lelah akibat rutinitas sehari-hari.

Meski demikian, kebanyakan orang belum tahu bahwa terdapat berbagai jenis sakit kepala. Jenis sakit kepala yang berbeda biasanya menunjukkan gejala yang berbeda pula. Ini tentunya serta bentuk penanganan yang berbeda-beda.

Berikut beberapa jenis sakit kepala yang dikenal di dunia medis:

  1. Tension type headache

    Jenis sakit kepala ini biasanya menyebabkan keluhan tekanan sekitar kepala, khususnya pada bagian belakang kepala. Nyeri kepala ini tidak menyebabkan mual atau muntah, dan jarang menyebabkan gangguan beraktivitas. Berbagai obat yang djual bebas, seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen, dapat digunakan untuk membantu menangani tension type headache.

  2. Cluster headache

    Jenis sakit kepala ini lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita. Karakteristik yang bisa Anda kenali adalah terjadi secara tiba-tiba, dengan intensitas nyeri yang hebat.

    Cluster headache juga menyebabkan keluhan berupa hidung berair atau mata berair pada satu sisi kepala. Walaupun belum dijumpai penyembuhan untuk sakit kepala ini, penggunaan berbagai obat dapat menurunkan derajat nyeri sakit kepala ini.

  3. Sinus headache

    Sinus adalah rongga pada tengkorak yang dapat terifeksi dan menyebabkan berbagai keluhan. Gejala dari sinus yang terinfeksi adalah sakit kepala, nyeri pada daerah sinus yang terinfeksi, demam, dan sumbatan hidung. Nyeri kepala sinus dapat diobati dengan menangani infeksi sinus, yaitu dengan pemberian antibitotik yang cukup, dan antihistamin.

  4. Migrain

    Migrain biasanya terjadi pada satu sisi kepala. Sifat nyeri berdenyut, dengan intensitas sedang sampai berat. Keluhan nyeri kepala migraine biasanya disertai mual, muntah dan sensitivitas yang berlebih terhadap cahaya dan suara. Migrain juga dapat didahului oleh aura, yaitu gejala yang mendahului sakit kepala seperti gangguan visual atau kebas pada tangan.


Dengan pendekatan diagnosis yang tepat, niscaya sakit kepala akan lebih mudah ditangani. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda mengenali jenis sakit kepala serta penanganan medis yang cocok.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar