Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanPenderita Mag Kronis Dilarang Mengonsumsi Makanan Ini!
Pencernaan

Penderita Mag Kronis Dilarang Mengonsumsi Makanan Ini!

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 14 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penderita mag kronis tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ubi. Sebab makanan ini berpotensi menimbulkan nyeri di bagian perut.

Penderita Mag Kronis Dilarang Mengonsumsi Makanan Ini!

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat. Ada bermacam-macam jenis ubi yang bisa dikonsumsi seperti ubi ungu, ubi madu, ubi jalar kuning, dan ubi jalar putih. Namun, tidak semua orang boleh makan ubi, khususnya penderita mag kronis.

Umbi-umbian yang rasanya manis ini sebenarnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin A yang baik untuk kesehatan mata hingga vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Lalu mengapa penderita mag kronis tidak dianjurkan mengonsumsinya?

Sebelum mengulik lebih jauh hubungannya dengan ubi, ada baiknya Anda memahami tentang penyakit mag kronis terlebih dahulu. Mag atau gastritis adalah penyakit radang pada lambung.

Gejala mag meliputi nyeri perut bagian kiri atas, mual, muntah dan perut kembung. Penyebabnya pun bermacam-macam seperti pola makan yang tidak teratur, merokok, alkohol, stres, dan beberapa jenis minuman dan makanan. Kondisi penderita mag kronis umumnya sudah mengalami kerusakan pada lapisan dalam lambung.

Itulah sebabnya penderita mag tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dikarenakan dapat membuat lambung bekerja secara ekstra. Selain itu, makanan ini juga memiliki tingkat keasaman atau pH sebesar 5,45 sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita sakit lambung

Bagaimana dengan ubi? Ubi memiliki tekstur yang sedikit kasar pada uratnya (bagian pangkal ubi). Urat ini sulit dicerna bahkan pada orang normal. Apalagi bagi penderita mag kronis yang sudah mengalami kerusakan pada lapisan lambung dalamnya. Hal inilah yang memperburuk gejala mag karena lambung akan sangat kesulitan mencernanya.

Apakah Anda penderita mag kronis? Sebaiknya hindari ubi karena berbahaya bagi lambung Anda. Pastikan Anda memilih jenis makanan yang ‘bersahabat’ dengan tubuh Anda, ya.

(DA/ RH)

 

Asam LambungPenyebab Sakit LambungMag Kronis

Konsultasi Dokter Terkait