Sukses

Sering Nyeri Otot? Mungkin Ini Penyebabnya

Jika Anda sering nyeri otot, mungkin ini saatnya untuk memperbaiki kebiasaan sehari-hari Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri otot merupakan rasa sakit yang muncul pada bagian otot. Nyeri otot biasanya menghilang dalam beberapa hari, tetapi bisa juga terjadi berulang-ulang.

Jika keluhan nyeri otot selalu muncul, bisa jadi disebabkan oleh salah satu hal ini:

  • Postur tubuh

    Postur tubuh yang salah juga bisa menimbulkan nyeri otot. Karena itu, perbaiki posisi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Biasakan untuk duduk tegak, hindari membungkuk, dan tidur dengan posisi benar.

  • Kegemukan

    Selain menimbulkan masalah metabolik (seperti penyakit jantung, darah tinggi, dan kencing manis), kegemukan juga bisa mengakibatkan nyeri otot kronis.

  • Alas kaki yang tidak tepat

    Kebiasaan sehari-hari yang dapat menjadi penyebab nyeri otot adalah penggunaan alas kaki yang tidak tepat. Ini bisa terjadi pada pria maupun wanita.

  • Alas tidur yang tidak tepat

    Perhatikanlah alas tidur Anda, apakah sudah nyaman? Alas tidur yang terlalu keras atau terlalu empuk ternyata tidak baik untuk otot tulang belakang. Jika Anda sering mengalami nyeri otot punggung, mungkin ini alasannya.

Pengobatan dari nyeri otot dilakukan sesuai dengan penyebab nyeri otot itu sendiri. Namun, secara umum, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri otot.

Anda bisa melakukan istirahat yang cukup, menjaga keseimbangan nutrisi, melakukan teknik relaksasi, kompres hangat atau dingin, dan pijat. Bila perlu, Anda dapat meminum obat penghilang nyeri yang dijual bebas di pasaran misalnya parasetamol atau ibuprofen.

Apabila tidak menemukan penyebab dari nyeri otot berulang tersebut, Anda dianjurkan untuk segera menemui dokter. Pemeriksaan langsung diperlukan untuk mengetahui penyebab utama dan menentukan penanganan yang sesuai. Semoga informasi ini membantu!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar