Sukses

Nyeri Sendi dan Nyeri Otot, Apa Bedanya?

Cari tahu perbedaan antara nyeri sendi dan nyeri otot di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa orang yang berkunjung ke dokter mengeluhkan ototnya terasa nyeri, padahal yang dimaksud ialah nyeri sendi. Begitupun sebaliknya. Lalu, di mana letak perbedaan antara nyeri sendi dan nyeri otot?

Nyeri Sendi

Nyeri sendi diartikan sebagai nyeri yang dihasilkan saat sendi tersebut bergerak atau melakukan fungsinya. Hal ini dapat menghambat aktivitas seseorang dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Tingkat keparahan nyeri sendi berbeda-beda, mulai dari ringan, sedang, hingga parah.

Penyebab dari nyeri sendi bisa bermacam-macam, di antaranya karena asam urat, osteoartritis, rematik, bahkan efek samping obat-obatan.

Untuk mengatasi nyeri sendi, Anda disarankan untuk beristirahat, melakukan kompres, atau mengonsumsi obat antinyeri. Jika nyeri tidak kunjung reda dengan cara-cara tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Nyeri Otot

Sementara itu, nyeri otot merupakan rasa nyeri yang muncul pada bagian otot. Penyebab paling umum dari keluhan ini adalah karena aktivitas fisik yang berlebihan, cedera olahraga, dan sakit (misalnya flu).

Berbeda dengan nyeri sendi, nyeri otot biasanya terasa tajam seperti ditusuk-tusuk. Selain itu, nyeri otot termasuk temporer atau bisa menghilang dalam beberapa hari.

Karena nyeri otot sering berkaitan dengan olahraga, sebaiknya Anda tidak melewatkan pemanasan dan pendinginan. Pastikan juga Anda melakukan gerakan olahraga yang benar, serta mencukupi kebutuhan cairan per hari.

Membedakan nyeri sendi dan nyeri otot sangatlah penting, karena berkaitan dengan pilihan terapi yang akan dilakukan. Agar mendapatkan penanganan yang tepat, tentunya Anda perlu memberikan informasi yang sesuai, bukan?

Selain itu, pengobatan untuk kedua jenis nyeri ini ada yang sama dan ada pula yang berbeda, tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Karena itu, apabila keluhan nyeri Anda terasa berbeda dari sebelumnya, jangan ragu untuk menemui dokter.

[RS/ RH]

1 Komentar

  • Momo Return Byodaranante

    otot/bagian tubuh pada rusuk belakang sebelah kiri bagian bawah terasa nyeri seperti kaki yg keseleo, sakit terasa ketika sedang duduk trus bagian badan digerak kekiri-kekanan, jika sendawa/buang angin (maaf), nyerinya reda sebentar,, itu sakit apa Dok,,,?? trima kasih sebelum dan sesudahnya Dok