Kesehatan Umum

Kenapa Gampang Sakit Saat Musim Pancaroba?

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 08 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan kebetulan, musim pancaroba memang dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit. Apa sebabnya? Cari tahu di sini.

Kenapa Gampang Sakit Saat Musim Pancaroba?

Tidak dimungkiri, penyakit memang kerap datang silih berganti di musim pancaroba. Dua penyakit yang paling sering dijumpai di saat seperti ini adalah infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran pencernaan.

Bukan kebetulan, musim pancaroba memang dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kejadian ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh manusia yang bervariasi dari musim-ke-musim.

Di berbagai daerah tropis, penelitian menemukan bahwa kekebalan tubuh anak memang menurun selama musim hujan. Sedangkan di negara dengan 4 musim, kekebalan tubuh orang dewasa- muda menurun pada musim dingin.

Sebenarnya, tak hanya itu. Perilaku hidup yang tidak bersih dan tidak sehat juga menjadi penyebabnya. Karenanya kebiasaan bersih itu sangat penting untuk diterapkan secara rutin, terutama pada musim pancaroba, karena maraknya penyebaran kuman penyebab masalah kesehatan.

Contohnya, kebiasaan baik untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Karena, tangan adalah gerbang utama masuknya kuman ke dalam tubuh. Maka dari itu, membiasakan diri untuk cuci tangan pada 5 saat penting sebelum makan pagi, sebelum makan siang, sebelum makan malam, setelah keluar dari toilet, dan setelah beraktivitas jangan sampai dilupakan.

Selain itu, membiasakan diri untuk mandi secara rutin dan teratur, beristirahat dengan cukup, menjaga diri agar tidak stres, dan mengonsumsi asupan bergizi seimbang juga harus dilakukan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu penyebab gampang sakit saat musim pancaroba. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, terapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu, penyakit tidak akan menghampiri, meski cuaca sedang tidak bersahabat.

(NB/ RH)

Musim Pancarobapola hidup bersih dan sehatGampang sakit

Konsultasi Dokter Terkait