HomeGaya hidupSehat dan Bugar7 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari
Sehat dan Bugar

7 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Klikdokter, 04 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa benda di rumah memerlukan perhatian khusus dan harus dibersihkan setiap hari!

7 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Rumah adalah tempat berkumpul seluruh keluarga setelah seharian beraktivitas di luar. Tanpa disadari, kuman dari luar akan terbawa masuk ke dalam rumah. Karena itu, rumah wajib dijaga kebersihannya, agar tidak menjadi sarang penyakit.

Sebaiknya rumah dibersihkan secara rutin. Setidaknya, Anda tidak boleh lupa menyapu dan mengepel. Meski demikian, ada beberapa benda di rumah yang memerlukan perhatian khusus, dan harus dibersihkan setiap hari.

Berikut 7 benda di rumah yang sebaiknya dibersihkan setiap hari:

1. Peralatan dapur

Dapur adalah area yang digunakan untuk mengolah bahan makanan bagi keluarga. Tanpa disadari, bahan makanan tersebut banyak mengandung kuman.
Selain itu, dapur juga memiliki bagian-bagian yang menjadi sumber kuman. Sebut saja wastafel dapur, sponge dapur, dan talenan. Karena itu, peralatan dan area dapur sebaiknya dibersihkan setiap hari.

2. Remote TV

Remote TV merupakan sumber persebaran kuman di rumah. Benda ini sering dipegang oleh seluruh anggota keluarga, sehingga menjadi media yang tepat bagi kuman untuk berpindah-pindah. Oleh karena itu, bersihkan remote setiap hari.

3. Keyboard laptop/ komputer

Layaknya remote TV, keyboard laptop ataupun komputer juga sering digunakan oleh beberapa anggota keluarga. Tanpa disadari, saat bekerja bisa saja Anda batuk atau bersin, sehingga memindahkan kuman ke keyboard tersebut.

4. Bathtub

Kamar mandi merupakan area dengan banyak kuman. Salah satunya adalah bathtub. Saat mandi dan membersihkan diri, kotoran akan ‘luntur’ dari badan. Sehingga bisa saja berkembang biak di bathtub. Karena itu, jangan lupa bersihkan benda ini setiap hari, ya.

5. Gagang pintu dan sakelar lampu

Gagang pintu dan sakelar lampu merupakan benda yang sering dipegang oleh seluruh anggota keluarga. Bagian ini sering telupakan saat membersihkan rumah, sehingga menjadi tempat berkumpulnya kuman.

6. Lantai kamar mandi

Lantai kamar mandi, terutama dekat toilet, mengandung banyak kuman (alasan kenapa menjadi sumber kuman) . Karena itu, sebaiknya dibersihkan setiap hari. Jangan lupa untuk menutup toilet setelah digunakan, ya!

7. Handuk

Handuk yang Anda pakai untuk mengeringkan diri malah bisa menjadi sumber kuman dan jamur (alasan kenapa menjadi sumber kuman). Untuk mengatasinya, biasakan untuk menjemur haduk di area yang terkena sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk menggantinya, paling tidak setiap 3 hari sekali.

Untuk memberi perlindungan maksimal bagi keluarga, Anda bisa menggunakan cairan disinfektan dalam memberishkan benda-benda tersebut selain itu cairan desinfektan juga aman buat kulit sehingga anda tidak perlu takut saat menggunakannya untuk membersihkan benda benda yang ada di rumah. Mari jaga kesehatan keluarga dengan menjaga kebersihan rumah!


[NB/ RH]

kumanBersihBenda

Konsultasi Dokter Terkait