Kesehatan Umum

Benda Paling Berkuman yang Ada di Rumah Anda

Klikdokter, 04 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bersih bukan berarti bebas kuman! Yuk, cari tahu benda paling berkuman yang ada di rumah Anda.

Benda Paling Berkuman yang Ada di Rumah Anda

Rumahku surgaku. Begitulah istilah yang tepat untuk menggambarkan tempat tinggal bersih nan nyaman. Sebab kondisi rumah yang demikian turut berperan dalam kesehatan Anda dan keluarga. Namun siapa sangka, meski terlihat bersih, kuman masih saja bersembunyi di balik benda-benda yang ada di rumah Anda.

Sebuah penelitian dilakukan di 20 rumah, di delapan negara dari berbagai benua berbeda (Afrika, Asia, Eropa, Australia dan Amerika). Penelitian ini membandingkan jumlah kuman di beberapa benda yang umum ditemui di dalam rumah.

Hasilnya di luar dugaan. Benda-benda ini ternyata ditemukan paling berkuman:

1. Lap dapur

Penelitian membuktikan, lap dapur ternyata merupakan benda dengan jumlah kuman terbanyak. Sebanyak 86% dari lap dapur yang diperiksa ternyata memiliki kadar pertumbuhan bakteri.Hasil yang cukup mengejutkan, mengingat lap dapur sering digunakan untuk membersihkan area dapur.

2. Keran air

Benda kedua dengan pertumbuhan bakteri terbanyak adalah keran air, terutama di daerah dapur. Lagi-lagi pada area dapur ditemukan benda dengan pertumbuhan bakteri sedang dan berat.

Selain kedua benda di atas, penelitian terkait juga mempelajari berbagai benda lainnya di dalam rumah. Sebut saja, gagang pintu, talenan, telepon, remote TV, dan flush toilet.

Setelah mengetahui benda di atas adalah yang paling kotor, rasanya penting sekali untuk lebih memerhatikan kebersihan area rumah, khususnya. Mengingat semua proses mengolah makanan dilakukan di tempat tersebut.
Benda di atas dipilih untuk diikutsertakan dalam studi, karena biasanya orang sering lupa membersihkannya. Hal yang menarik adalah penampilan tidak selalu mencerminkan pertumbuhan bakteri.

Maksudnya, area yang nampak bersih bisa saja banyak bakterinya. Namun area yang tampak kotor belum tentu banyak bakterinya. Jadi jangan tertipu oleh penampilan. Selalu bersihkan rumah secara rutin dan teratur, terutama dapur dan kamar mandi.

Nah, sekarang Anda sudah tahu benda-benda yang memerlukan perhatian khusus di rumah Anda. Yuk, jaga kebersihan rumah agar bebas dari kuman! Agar rumah benar benar terbebas dari kuma yang dapat membahayakan kesehatan keluarga, gunakan cairan desinfektan saat membersihkan benda benda tersebut. Rumah sehat, keluarga sehat.

(NB/ RH)

Kuman di RumahBenda BerkumanBenda Asing Pada Mata

Konsultasi Dokter Terkait