Sukses

5 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vertigo

Seberapa jauh Anda mengenal vertigo? Yuk, ketahui keluhan ini lebih lanjut di sini.

Pernah mengeluhkan pusing berputar saat berada di tengah pekerjaan? Bisa jadi Anda menderita vertigo.

Vertigo merupakan keadaan di mana seorang merasa lingkungan sekitarnya berputar. Terkadang, penanganan vertigo masih jauh dari optimal, karena belum ditemukan penyebab pasti dari kondisi ini.

Apakah Anda tahu bahwa sensasi pusing berputar yang menjadi gejala vertigo dapat menjadi pertanda dari kondisi kesehatan lain? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Gangguan irama jantung

Salah satu penyebab pusing berputar yang cukup umum dijumpai adalah gangguan irama jantung. Gangguan ini dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak, yang berhubungan dengan keluhan vertigo.

  1. Kristal di telinga

Salah satu penyebab vertigo adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Keluhan ini terjadi ketika terdapat kristal pada telinga bagian dalam.

  1. Mabuk perjalanan

Apabila pusing berputar hanya terjadi saat berkendara, bisa jadi Anda mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness. Penderita mabuk perjalanan biasanya mengeluhkan adanya mual dan pusing berputar saat berada di dalam kendaraan yang bergerak.

  1. Konsumsi obat-obatan

Pusing berputar bisa menjadi efek samping dari obat-obatan yang Anda konsumsi. Salah satu jenis obat yang menyebabkan keluhan pusing dan sakit kepala adalah obat tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya periksa kembali obat apa saja yang Anda minum, dan konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan obat tersebut.

  1. Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menyebabkan keluhan pusing berputar. Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan jumlah cairan dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan tekanan darah. Penurunan tekanan darah inilah yang berhubungan dengan keluhan vertigo.

Jadi, jika Anda mengelukan sensasi pusing berputar, cobalah untuk mencari penyakit lain yang mungkin mendasarinya. Dengan mengobati penyakit yang mendasarinya, niscaya keluhan vertigo akan berkurang.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Keluhan pusing berputar dapat berkurang dengan berbagai terapi yang diberikan oleh dokter. Vertigo? Siapa takut!

(NB/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar