HomeInfo SehatPencernaanPerut yang Terasa Panas? Apa Sebabnya?
Pencernaan

Perut yang Terasa Panas? Apa Sebabnya?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 18 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda pernah merasakan perut yang terasa panas, bahkan terkadang naik hingga tenggorokan? Bila terjadi seperti demikian mungkin Anda mengalami salah satu dari kondisi medis ini!

Perut yang Terasa Panas? Apa Sebabnya?

Perut terasa panas atau sensasi terbakar dalam perut adalah gejala umum yang banyak dirasakan sebagian orang. Sensasi ini bisa dirasakan tiba-tiba –baik sehabis makan, beraktivitas, atau saat sedang stres. Kebanyakan orang, mengasosiasikan rasa panas di perut itu dengan sakit mag.

Pada dasarnya, perut panas ini merupakan mekanisme lambung untuk ‘mempertahankan diri’. Lambung merupakan sebuah kantung yang terletak antara esofagus dan usus. Organ tubuh yang satu ini bertugas untuk mencerna makanan dengan enzim dan asam agar makanan dapat diserap di usus. 

Kondisi Penyebab Perut Terasa Panas

Asam lambung, dalam produksi yang berlebih atau saat ada gangguan pada lapisan lambung, dapat mengakibatkan rasa sakit atau sensasi panas pada lambung. Ada berbagai macam kondisi yang dapat menjadi pemicunya.

Berikut beberapa diantara penyebab perut panas:

  • Gastritis

    Ini merupakan iritasi pada dinding lambung. Pada orang dengan kondisi gastritis, perut panas akan dirasakan terutama setelah makan atau saat dalam posisi rebahan.
  • GERD

    Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi dimana katup antara esofagus dan lambung tidak tertutup sempurna sehingga asam lambung dapat naik kembali ke esofagus dan tenggorokan.
  • Alergi makanan atau intoleransi

    Reaksi yang muncul pada alergi memang bermacam-macam. Pada orang dengan alergi atau intoleransi makanan/ minuman tertentu, selain perut yang terasa panas juga dapat timbul rasa mual bahkan muntah.
  • Efek samping obat-obatan

    Beberapa jenis obat memang memiliki efek samping mual, muntah, dan memicu rasa panas di perut karena dapat mengganggu keseimbangan dinding lambung. Pada penggunaan obat jangka panjang yang memiliki efek ini, biasanya pasien akan diberikan obat penyerta untuk mengurangi rasa tidak nyaman di perutnya.
  • Stres

    Stres memengaruhi berbagai proses dalam tubuh, salah satunya memperlambat proses pencernaan. Hal ini menyebabkan asam lambung tertampung lebih lama di lambung, menimbullkan sensasi perut panas dan meningkatkan resiko rusaknya dinding lambung serta terjadinya refluks hingga GERD.

Meskipun kondisi perut terasa panas tidak selalu berkaitan dengan mag, tak berarti Anda boleh meremehkannya. Untuk itu, hindari stres dengan cukup beristirahat dan berekreasi. Jangan lupa, makanlah teratur dengan menu bergizi yang seimbang dan berolahragalah agar tubuh menjadi lebih bugar.

(DA/RH)

Kondisi MedisSolusi Masalah PencernaanPerut PanasMag

Konsultasi Dokter Terkait