Sukses

Hipertensi, Apakah Kadar Kolesterol Pasti Tinggi?

Hipertensi sering dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi. Apa kata medis terkait ini? Simak selengkapnya di sini.

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah suatu kondisi yang konon berhubungan erat dengan kadar kolesterol yang tinggi. Dengan kata lain, orang yang hipertensi, kadar kolesterolnya pasti tinggi. Apakah benar demikian?

Hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang memiliki risiko stroke. Akibatnya bervariasi, mulai dari kecacatan hingga kematian. Pada perjalanannya, hipertensi akan menyebabkan menurunnya fungsi jantung, dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Nah, yang patut diperhatikan adalah mekanisme penyakit yang mendasari stroke dan serangan jantung. Kondisi tersebut sebenarnya sama, paling sering disebabkan oleh proses penyempitan pembuluh darah akibat plak atau disebut aterosklerosis.

Faktor terjadinya plak tersebut memiliki beberapa faktor utama yang saling berkaitan, yakni tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tidak terkontrol dan kegemukan. Artinya, seseorang yang kegemukan juga bisa mengalami gangguan metabolisme kolesterol dan gula darah.

Kondisi ini menyebabkan tekanan darah tinggi. Kekentalan darah dan pembuluh darah yang menjadi kaku adalah sebagian mekanisme, yang secara ringkas menjelaskan mengapa kondisi-kondisi tersebut biasa ditemukan bersamaan.

Meski demikian, orang yang hipertensi tidak melulu memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Meskipun kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan tekanan darah juga meningkat.

Karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi kesehatan secara rutin dan teratur. American Heart Association (AHA) merekomendasikan setiap orang yang telah berusia 20 tahun untuk memeriksakan kadar kolesterol dan faktor risiko penyakit jantung/stroke lainnya setiap 4 atau 6 tahun sekali.

Pemeriksaan jenis ini bisa Anda lakukan di klinik atau rumah sakit terdekat. Tak hanya itu, Anda pun sebaiknya juga berolahraga selama 30 menit, sebanyak 3 kali seminggu.

Salam sehat!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar