Sukses

Fakta di Balik Mitos Seputar Kehamilan

Banyak mitos seputar kehamilan yang beredar di masyarakat. Cari tahu kebenarannya di sini.

Meskipun banyak ibu hamil yang sudah bergaya hidup modern, namun tak sedikit dari mereka yang percaya dengan dengan mitos. Anda juga?

Inilah fakta di balik mitos seputar kehamilan yang banyak beredar:

  1. Konsumsi es atau minuman dingin selama kehamilan bisa membuat janin besar

Faktanya: Konsumsi es atau minuman dingin saat hamil tidak membuat janin menjadi besar. Hal yang perlu diwaspadai bukan es atau airnya, melainkan campuran dalam cairan tersebut.

Perhatikan kandungan gula dan kalori pada minuman dingin –seperti es sirup, es teh manis, atau minuman bersoda. Kandungan inilah yang bisa membuat janin dalam kandungan membesar, di atas normal.

  1. Pijat perut saat hamil membuat letak janin bagus dan melancarkan persalinan

Faktanya: Pijat perut atau mengurut perut sebaiknya tidak dilakukan selama kehamilan. Apalagi, pijat perut pada trimester pertama kehamilan berpotensi menyebabkan keguguran.

Sedangkan, pijat perut pada trimester dua dan tiga berpotensi menimbulkan persalinan prematur atau solutio plasenta (plasenta yang lepas dari dinding rahim). Apa bahayanya? Kondisi solutio plasenta dapat menyebabkan perdarahan dan kematian janin dalam kandungan.

  1. Nanas dapat menyebabkan keguguran

Faktanya: Nanas adalah pilihan buah yang aman dan sehat selama kehamilan. Hingga saat ini, belum ada bukti penelitian yang menyatakan bahwa nanas berbahaya bagi kehamilan.

Senyawa bromelain yang terdapat pada nanas memang tidak boleh diberikan dalam bentuk tablet. Sebab, dapat menyebabkan perdarahan. Namun jumlah zat ini dalam nanas tidak banyak berpengaruh pada kehamilan. Oleh karena itu, konsumsi nanas dalam jumlah yang tidak berlebihan, masih aman selama kehamilan.

  1. Tidur siang akan mengganggu pertumbuhan janin

Faktanya: Istirahat cukup adalah hal penting yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin. Sempatkan tidur siang, terutama ketika menginjak usia kehamilan trimester pertama dan terakhir.

Tidur siang dapat membantu mempertajam konsentrasi dan memperkuat memori. Kendati demikian, keseimbangan jumlah jam tidur antara siang dan malam harus tetap diperhatikan.

Pasalnya, tidur siang terlalu lama umumnya akan menyebabkan kesulitan tidur di malam harinya. Padahal, tidur di malam hari adalah prioritas dan jauh lebih penting bagi ibu hamil.

Berapa lama waktu yang tepat? Saat hamil sebaiknya Anda tidak tidur siang lebih dari 3 jam.

  1. Minum minyak kepala murni akan memperlancar proses persalinan

Faktanya: Kelancaran proses persalinan alami bukan disebabkan oleh konsumsi minyak kelapa. Namun bergantung pada ukuran panggul Anda, berat badan janin, posisi janin, dan kontraksi rahim.

Jika ingin proses persalinan lancar, sebaiknya Anda olahraga teratur selama hamil. American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) menyarankan untuk melakukan olahraga minimal 150 menit per minggu.

Durasi olahraga tersebut dapat dibagi menjadi 30 menit olahraga per hari. Lakukan selama 5 hari dalam seminggu.

Sekarang Anda sudah mengetahui fakta di balik mitos selama kehamilan. Yuk, lebih bijaksana dalam menanggapi anggapan yang belum tentu benar secara medis.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar