Sukses

Nutrisi Tepat untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Setiap orangtua tentu ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk anaknya. Apa saja nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak?

Periode perkembangan dan pertumbuhan anak yang sangat cepat dimulai dari kelahiran anak hingga anak berusia 3 tahun. Bila mengalami kekurangan nutrisi pada rentang usia tersebut, anak dapat mengalami gangguan yang menetap. Oleh sebab itu, dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal.

Pada dasarnya, prinsip pemilihan nutrisi bagi anak sama dengan orang dewasa, yaitu mengandung protein, sayur, buah, karbohidrat, lemak, dan produk susu. Semua nutrisi tersebut penting, namun ada beberapa nutrisi yang perlu diberi perhatian lebih.

Berikut adalah nutrisi-nutrisi tersebut:

  1. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk membantu melawan penyakit, menjaga kesehatan mata, dan mengurangi risiko kematian. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan dan kerentanan terhadap penyakit mematikan, seperti campak, diare, malaria, dan pneumonia. Vitamin A dapat ditemukan pada sayur dan buah-buahan, minyak kelapa, telur, produk susu, hati, ikan, daging, makanan yang difortifikasi, dan ASI. Di daerah yang rentan kekurangan vitamin A seperti Indonesia, suplemen vitamin A dosis tinggi dapat diberikan setiap 4-6 bulan bagi anak yang berusia 6 bulan-5 tahun.

  1. Yodium

Yodium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar kelenjar tiroid dapat berfungsi sebagaimana-mestinya, terutama dalam mengatur pertumbuhan dan metabolisme. Kekurangan yodium merupakan penyebab primer kerusakan otak dan kesulitan belajar. Karena itu, gunakanlah garam beryodium pada menu makanan anak.

  1. Besi

Anak membutuhkan makanan kaya besi yang penting untuk menunjang perkembangan otot, otak, sistem kekebalan tubuh, serta mencegah anemia. Jangan hanya terpaku dengan bayam saja. Karena sumber zat besi terbaik berasal dari hewan; seperti hati, daging, dan ikan. Sumber lain ialah makanan yang difortifikasi besi, sayuran hijau, dan suplemen besi.

  1. Asam Lemak Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berperan penting dalam perkembangan otak, kesehatan mata, dan psikologis anak. Sebuah studi menemukan bahwa suplemen omega-3 dapat meningkatkan daya ingat anak. Terdapat tiga jenis omega-3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), dan alpha-linolenic acid (ALA). EPA dan DHA lebih banyak dijumpai pada ikan, sedangkan ALA lebih banyak bersumber dari tumbuhan. Anak dapat memperoleh omega-3 dari ASI, salmon, sarden, bandeng, daging sapi, udang, flaxseeds, chia seeds, kedelai, telur, dan produk susu yang difortifikasi.

  1. Kalsium

Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Makanan yang mengandung kalsium, di antaranya susu, yoghurt, keju, dan sayuran hijau seperti kale, brokoli, dan bayam.

Kekurangan nutrisi tidak hanya berpengaruh pada perawakan anak, tetapi juga kecerdasannya. Oleh sebab itu, hindari memberikan makanan cepat saji pada anak. Selalu berikan makanan yang bergizi seimbang agar tumbuh kembangnya optimal.

Untuk menunjang tumbuh kembang anak, dukungan gizi yang mumpuni sangatlah penting. KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu mendukung tumbuh kembang anak Anda. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

  1. Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

  1. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

  1. Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi. Selain itu, susu ini juga dapat mendukung pertumbuhan otak, daya tahan tubuh, dan tumbuh kembang optimal.

  1. Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik. Ini membuatnya lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi. Di samping itu, susu ini juga baik untuk mendukung pertumbuhan otak, daya tahan tubuh, dan tumbuh kembang optimal.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar