Sukses

Kupas Tuntas Soal Nyeri Otot

Sering nyeri otot saat beraktivitas? Yuk, kenali penyebab dan cara menanganinya di sini.

Nyeri otot merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan mengacaukan produktivitas kerja seseorang. Apa saja penyebab nyeri otot dan bagaimanakah cara menanganinya?  

Penyebab Nyeri Otot

Berikut ini empat penyebab umum dari nyeri otot:

  • Aktivitas fisik yang berat

Aktivitas fisik berat dapat memicu terjadinya nyeri otot. Secara umum, nyeri otot akibat aktivitas fisik terbagi dengan nyeri akut dan kronis.

Nyeri akut biasa terjadi karena melakukan aktivitas fisik berat di luar kebiasaan sehari-hari, misalnya nyeri otot yang terasa setelah melakukan olahraga. Sementara itu, nyeri kronis dipicu oleh pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang setiap hari.

  • Cedera otot

Cedera otot dapat terjadi karena kecelakaan atau cedera saat olahraga. Jika karena olahraga, hal ini bisa diakibatkan kurangnya pemanasan sebelum olahraga dan teknik/gerakan olahraga yang tidak benar.

  • Kekurangan zat gizi dan obat-obatan tertentu

Kekurangan zat gizi seperti kalsium dan vitamin B juga dapat menyebabkan nyeri otot. Biasanya nyeri otot akibat kekurangan kalsium dan vitamin B juga disertai dengan kram.

Selain itu, ada beberapa jenis obat yang dapat memicu nyeri otot, seperti obat penurun kadar kolesterol dalam darah. Namun, ini merupakan efek samping yang belum tentu terjadi pada semua orang.

  • Infeksi

Beberapa jenis infeksi yang sering menimbulkan gejala nyeri otot adalah infeksi virus influenza, demam berdarah, campak, chikungunya, Zika, dll.

Penanganan Nyeri Otot

Pada dasarnya, penanganan nyeri otot dilakukan sesuai dengan penyebab nyeri otot itu sendiri. Namun, secara umum, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri otot.

Istirahat yang cukup, menjaga keseimbangan nutrisi, melakukan teknik relaksasi, kompres hangat, dan pijat adalah beberapa di antaranya. Bila perlu, Anda dapat meminum obat penghilang nyeri.

Untuk mencegah nyeri otot saat berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Lalu tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap.

Selain itu, perbaiki posisi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Biasakan untuk duduk tegak, menghindari posisi membungkuk, dan tidur dengan posisi benar.

Tanpa nyeri otot, aktivitas lancar, produktivitas Anda pun semakin meningkat!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar