Darah

Panduan Cara Mengatasi Anemia Dengan Cepat

dr. Irma Rismayanty, 27 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kamu menderita anemia atau kurang darah? Jangan khawatir, ini pengobatan yang efektif untuk mengatasinya.

Panduan Cara Mengatasi Anemia Dengan Cepat

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang sangat sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya menyerang lanjut usia, penyakit ini juga menyerang anak-anak dan dewasa muda.

Anemia dilatarbelakangi oleh gangguan produksi sel darah merah, kehilangan darah secara berlebihan, dan adanya proses penghancuran sel darah merah sebelum waktunya. Cara mengatasi anemia dengan cepat

Untuk membantu mengatasinya, dokter biasanya perlu melakukan pendekatan secara menyeluruh pada pasien. Setelah diagnosis ditegakkan, maka langkah selanjutnya adalah rencana pemberian terapi.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi anemia dengan cepat yang bisa kamu lakukan:

1. Pengobatan Anemia Defisiensi Besi

Terapi zat besi oral merupakan pilihan utama, karena efektif, murah dan aman. Pengobatan dapat berupa tablet maupun sirup. Dosis pada orang dewasa yang biasanya diberikan adalah 3 x 200 mg.

2. Pengobatan Anemia Defisiensi Asam Ffolat dan Vitamin B12

Anemia jenis ini biasanya diberikan terapi kobalamin secara injeksi ataupun oral. Respons terapi terkait terhadap penyakit sangatlah baik.

Setelah di terapi, pasien akan merasakan dirinya lebih segar dan sehat kembali. Begitu pula dengan pemberian folat, yang dapat memberikan efek baik bagi penderita anemia jenis ini.

3. Pengobatan Lain

Cara lain yang bisa dijadikan pilihan adalah mengonsumsi makanan yang tinggi protein, terutama protein hewani, seperti daging sapi dan unggas. Tak hanya itu, konsumsi makanan yang tinggi vitamin C juga tidak boleh dilupakan.

Ini karena vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Agar daya serap tubuh terhadap zat besi menjadi lebih optimal, kadar vitamin C yang dianjurkan adalah 3 x 100 mg.

4. Perhatikan Kombinasi Makanan

Kombinasikan makanan yang mengandung vitamin C dengan sumber zat besi, karena vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Anemia yang diobati dengan cepat dan tepat akan meningkatkan kualitas hidup penderita saat itu juga.

Selamat tinggal anemia!

Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar anemia, ada baiknya untuk kamu konsultasikan dengan dokter. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter di Aplikasi KlikDokter

Yuk, #JagaSehatmu selalu!

Kurang darahPenanganan AnemiaPengobatan AnemiaAnemia