Diet dan Nutrisi

Mengenal Clean Eating dan Manfaatnya

dr. Karin Wiradarma, 22 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Clean eating? Sepertinya sering dengar. Tapi apa, ya, artinya dan manfaatnya bagi kesehatan?

Mengenal Clean Eating dan Manfaatnya

Kini banyak orang membicarakan dan menerapkan clean eating. Ada yang menyiapkan makanannya sendiri di rumah, ada pula yang memesan katering khusus yang menyediakan makanan clean eating.

Istilah clean eating sebenarnya bukanlah suatu metode diet untuk menurunkan berat badan. Pemahamannya memang sering disalah artikan sebagian orang selama ini.

Clean eating adalah suatu metode pola makan yang memiliki aturan-aturan tertentu. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup, serta menjauhkan seseorang dari penyakit noninfeksi seperti jantung, stroke, dan kanker.

Dalam metode clean eating, Anda diharapkan dapat mengonsumsi makanan yang ‘alami’. Jadi bukan makanan yang telah melalui pemrosesan, makanan instan, kalengan, ataupun junk food.

Jika memungkinkan, gunakan bahan-bahan organik dalam menyiapkan menu makanan Anda. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah.

Akan lebih baik jika membeli sayur dan buah lokal ketimbang impor. Sebab pengiriman produk lokal lebih singkat, sehingga lebih segar ketika sampai di tangan Anda.

Selain itu, kurangilah bahan-bahan makanan berlemak. Pilih daging sapi rendah lemak, ayam tanpa kulit, dan ikan—ketimbang kambing, udang, dan cumi.

Cara mengolahnya juga perlu diperhatikan. Sebaiknya makanan dikukus, ditumis, atau dipanggang ketimbang digoreng. Hal ini dimaksudkan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Berikut adalah manfaat-manfaat clean eating bagi kesehatan:

1. Menambah Energi

Dengan menerapkan metode clean eating, Anda bisa meningkatkan asupan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, makanan yang Anda konsumsi dengan pola clean eating juga dapat meregulasi gula darah, sehingga Anda tidak cepat lapar dan kelelahan.

2. Jantung Sehat

Sayur dan buah, terutama yang kaya akan vitamin C, baik untuk kesehatan dinding pembuluh darah. Tak hanya itu! Diet kaya sayur dan buah juga dapat menurunkan risiko penyakit stroke, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

3. Cegah Kanker

Pada metode clean eating, Anda dituntut untuk menjauhi segala makanan yang diproses, makanan kaleng, dan tinggi lemak yang dapat meningkatkan risiko kanker. Sebaliknya, diet sayur dan buah yang kaya akan antioksidan dapat menurunkan risiko kanker.

4. Kesehatan Mental

Terakhir, omega-3 dan vitamin B6 yang dikonsumsi lewat makanan clean eating dapat meningkatkan perasaan bahagia serta menjauhkan depresi dan gangguan mood.

Jika Anda ingin menerapkan clean eating sekaligus mendapatkan berat badan ideal, Anda dapat mengonsumsi susu meal replacement. Pilihlah susu yang kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, serat, dan vitamin mineral lainnya.

[RS/RH]

Pola MakanHidup SehatDietClean Eating

Konsultasi Dokter Terkait