Sukses

Cara Merawat Kulit untuk Pria

Para pria, jangan mengira bahwa perawatan kulit hanya berlaku bagi kaum hawa. Bagi Anda yang merasa terlalu sibuk, berikut kiat merawat kulit bagi pria!

Sering kali para pria menolak untuk merawat kulit. Kebanyakan berpikir bahwa merawat kulit identik dengan repot, sulit, dan menyita waktu. Jangan salah, cara-cara sederhana justru dapat bermanfaat besar untuk kulit Anda.

Simak kiat praktis merawat kulit bagi pria berikut ini:

  • Cuci wajah secara teratur

Keringat, debu, dan polusi yang dihadapi para pria setiap harinya dapat menumpuk di kulit dan menutup pori-pori. Pada akhirnya, saat terjadi infeksi bakteri maka tumpukan kotoran tersebut akan berkontribusi terhadap timbulnya jerawat.

Cucilah wajah minimal dua kali dalam sehari. Sediakan sabun khusus untuk wajah, tidak perlu mahal tetapi yang penting memiliki pH normal kulit (sekitar pH 5.5).

  • Gunakan tabir surya

Meskipun Anda seorang pria, jangan anti dengan krim wajah! Khususnya untuk tabir surya.

Setidaknya, Anda bisa membuat pengecualian untuk yang satu ini karena tabir surya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ingat, sinar ultraviolet di negara tropis dapat membuat kulit kemerahan, kusam, hingga kanker kulit!

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 (boleh lebih). Aplikasikan kembali setelah 2 jam.

Bila Anda merasa terlalu sibuk untuk menggunakan krim, saat ini tersedia tabir surya berbentuk spray (tentunya dengan perlindungan yang relatif kurang tahan lama). Pelindung tambahan, misalnya topi, juga bisa digunakan jika berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama.

  • Konsumsi sayur dan buah

Sebagai pelindung terluar dari tubuh, kulit menghadapi berbagai tantangan radikal bebas dan salah satunya akibat sinar ultraviolet. Karena itulah, konsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan sangat disarankan. Misalnya wortel, jeruk bali, anggur, alpukat, jambu biji, jeruk, mangga, gandum, biji-bijian, dll.

  • Minum air putih yang cukup

Kekeringan kulit adalah musuh utama yang dapat mempercepat penuaan kulit. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sekitar 7-8 gelas per hari. Asupan air yang cukup akan memberikan hidrasi yang baik terhadap kulit, sehingga kulit tampak sehat dan awet muda.

  • Pakai alat cukur yang bersih

Buang alat cukur yang sudah lama dipakai, bahkan jika Anda sendiri lupa kapan membelinya. Alat cukur lama dapat menyimpan kuman yang bisa menyebabkan jerawat dan bisul di kulit.

Selain itu, simpanlah alat cukur Anda di tempat yang kering secara higienis. Dalam hal mencukur, lebih baik dilakukan dalam keadaan basah (bila perlu menggunakan busa khusus) untuk mencegah iritasi.

  • Jauhi kebiasaan merokok

Asap rokok telah diteliti mampu menyebabkan penuaan dini pada kulit. Untuk itu, jangan merokok bila ingin kulit Anda sehat dan terawat

Demikianlah beberapa kiat praktis merawat kulit bagi pria. Kulit pria bisa jadi memiliki ‘tantangan’ yang lebih besar dari kulit wanita, dari segi keterpaparan atas debu, minyak, polusi, dan sinar matahari sehari-hari. Untuk itu, kulit pria juga membutuhkan perawatan yang baik.

[RS/RH]

Baca Juga:

1 Komentar