Sukses

Kiat Agar Anak Dekat dengan Ayah

Sebagai ayah, mungkin Anda merasa sulit untuk meraih hati anak. Bisa karena kesibukan atau jarangnya frekuensi bertemu. Lalu, bagaimana caranya agar hubungan ayah-anak bisa dekat?

Sesibuk-sibuknya Anda, luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak. Penelitian yang dilakukan di University of Newcastle pada 2008 menjelaskan bahwa kedekatan ayah dengan anak akan berkontribusi terhadap inteligensi anak –yaitu anak akan memiliki angka IQ yang tinggi. Jika Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk anak, jangan dijadikan hambatan. Karena yang terpenting adalah kualitas antara Anda dan anak dalam berinteraksi.

Berikut ini beberapa kiat agar anak lebih dekat dengan Anda:

  1. Pada anak yang baru lahir. Setelah pulang kantor, luangkanlah waktu untuk terlibat dalam beberapa kegiatan bayi. Misalnya mengganti popok, menggendong bayi, bermain dengan bayi. Biarkan anak menyentuh wajah Anda, bermain ci-luk-ba, atau bernyanyilah untuknya.
  2. Ajak anak bermain bersama. Singkirkan gadget saat sedang bermain bersama. Pusatkan perhatian hanya kepada anak.
  3. Dengarkan apa yang anak inginkan. Semakin Anda tulus untuk mendengarkan isi hati anak, maka semakin anak merasa nyaman untuk berada di dekat Anda.
  4. Ungkapkan perasaan Anda. Ini tidak tabu, malah dapat mempererat ikatan emosional antara Anda dengan anak. Seiring berjalannya waktu, anak pun akan lebih mudah bercerita dan mengungkapkan perasaannya kepada Anda.
  5. Memberikan sentuhan. Sentuhan sangat penting peranannya dalam hubungan antara orangtua dan anak. Jangan lupa untuk memeluk anak setiap hari saat Anda pergi, pulang kerja, dan saat anak akan tidur.

Kasih sayang dan perhatian ayah sangat berarti bagi perkembangan anak. Ingat, yang penting bukan kuantitas tetapi kualitasnya!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar