Sukses

Kiat Menanamkan Rasa Cinta Hewan pada Anak

Ilmu berhitung, bahasa, dan science memang sangat penting. Namun, jangan sampai semua ilmu tersebut membuat anak lupa untuk menyayangi lingkungan, termasuk hewan.

Tahukah Anda bahwa kupu-kupu merasakan makanan dari kakinya? Atau burung unta dapat berlari secepat kuda? Fakta-fakta menarik tersebut dapat dikenalkan pada anak untuk membuat mereka lebih mengapresiasi dan menyayangi hewan.

Mengajarkan anak mengenal dan menyayangi hewan sangat bermanfaat untuk menstimulasi perkembangannya. Perlu diketahui juga bahwa menerapkan konsep mengenai kebaikan, respek, dan empati pada anak sebenarnya bisa dibuat sederhana dan mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:  

  • Menghadiahkan hewan peliharaan kepada anak bisa menjadi cara yang terbaik. Tunjukkan pada anak bahwa hewan juga membutuhkan kasih sayang. Selain itu, hewan pun harus dirawat dengan memandikan, memberi makan, atau diajak bermain untuk menjaga kelangsungan hidup mereka.
  • Terkadang ada hewan yang masuk (atau tersesat) ke dalam rumah Anda, misalnya kecoak. Hindari memukul hewan tersebut di depan anak. Keluarkan mereka dari rumah dengan cara yang baik, sehingga anak melihat bahwa hewan juga perlu diperlakukan dengan baik.
  • Jangan menggunakan kata-kata yang merendahkan hewan. Contohnya, “Kamu penakut seperti ayam”, “Babi itu kotor”, dan sebagainya.
  • Membacakan buku cerita mengenai hewan. Saat ingin tidur di malam hari, Anda bisa membacakan dongeng seputar hewan pada anak.
  • Menonton film seputar hewan. Pada kegiatan ini, anak akan melihat hewan tersebut makan, tidur, atau bahkan bermain dengan sesama hewan lainnya. Hal ini akan membuat anak mengetahui bahwa hewan pun sama seperti manusia—mempunyai teman, keluarga, dan aktivitas sehari-hari.
  • Hindari permainan anak yang mengeksploitasi hewan, seperti video games yang menyuruh anak untuk membunuh hewan.
  • Mengajak anak ke tempat penampungan hewan. Di sini, anak bisa membantu merawat hewan tersebut dengan cara memberi makan dan minum. 

Dengan mengaplikasikan cara-cara tersebut, diharapkan anak dapat memiliki rasa cinta kasih pada makhluk hidup di sekitarnya.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar