Sukses

Perlukah Anak Pakai Kacamata Jika Minusnya Sedikit?

Kaget rasanya ketika anak didiagnosis dokter memiliki mata minus. Meski minusnya sedikit, haruskah ia menggunakan kacamata? Baca selengkapnya di sini.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak anak kecil yang sudah menggunakan kacamata jika dibandingkan dengan dulu. Di Indonesia, tercatat 10% dari anak usia 5-19 tahun mengalami gangguan pada tajam penglihatannya, dan perlu menggunakan kacamata.

Ada beberapa kelainan mata yang dapat terjadi pada anak, namun yang paling sering terjadi pada anak usia sekolah adalah miopia (rabun jauh). Kondisi tersebut membuat anak kesulitan untuk melihat benda dengan jarak yang jauh, misalnya tulisan di papan tulis.

Anda dapat memperhatikan tanda-tanda yang mengindikasi anak memiliki rabun jauh. Misalnya: membaca buku atau menonton TV dalam jarak yang terlalu dekat, kesulitan memusatkan perhatian dalam mengerjakan hal-hal yang detail (seperti mewarnai atau menulis), atau sering mengucek mata. 

Apabila Anda mengamati hal tersebut pada anak, segera bawa ke dokter mata atau optik untuk diperiksa.

Minus, Perlukah Pakai Kacamata?

Perlu atau tidaknya menggunakan kacamata sebenarnya kembali pada usia dan berat-ringan minus mata anak. Anak usia prasekolah dengan minus yang ringan pada umumnya belum dianjurkan untuk menggunakan kacamata oleh dokter spesialis mata.

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan bahwa anak usia prasekolah umumnya masih jarang menggunakan penglihatan jarak jauhnya, yaitu belum banyak memerlukan penglihatan detail seperti untuk menulis dan membaca.

Sebagai alternatifnya, Anda dapat mengomunikasikan perihal tajam penglihatan anak kepada guru di sekolah, agar anak dapat ditempatkan pada tempat duduk paling depan dari papan tulis.

Atau, anak dapat menggunakan kacamata pada saat-saat yang dibutuhkan, misalnya membaca, menulis, atau melihat papan tulis. Namun apabila anak sudah mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitasnya tanpa kacamata, berarti ia harus menggunakan kacamata setiap saat.

Anak-anak usia sekolah pada umumnya akan membutuhkan kacamata setiap saat, karena banyak melakukan aktivitas membaca, menulis, dan melihat papan tulis. Namun, tidak menutup kemungkinan anak usia sekolah yang memiliki minus kecil dibebaskan dari kacamata oleh dokter mata yang memeriksanya.

Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis mata sebelum memutuskan untuk membeli kacamata bagi anak.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar