Pencernaan

Cara Mudah Jaga Kesehatan Pencernaan

dr. Dyah Novita Anggraini, 07 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin sehat luar dan dalam? Yuk jaga kesehatan pencernaan mulai saat ini. Tidak perlu repot, begini cara mudahnya.

Cara Mudah Jaga Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan organ vital di dalam tubuh. Organ-organ yang termasuk di dalamnya adalah mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan usus besar.

Jika Anda kerap mengalami mual, muntah, diare ataupun nyeri perut, berarti ada yang tidak beres pada kesehatan saluran pencernaan Anda. Untuk itu, agar kesehatan saluran penceraan tetap terjaga dengan baik, lakukanlah tindakan berikut ini:

1. Pola makan teratur

Kunci menjaga kesehatan pencernaan yang paling utama adalah dengan menerapkan pola makan teratur. Ini karena lambung setiap harinya memproduksi asam lambung, yang dipergunakan untuk mencerna makanan menjadi lebih kecil.

Jika kadar asam lambung terus bertambah namun tidak ada makanan yang bisa diolah akibat tidak teraturnya pola makan, maka asam lambung tersebut berpotensi melukai lambung. Nah, inilah yang harus Anda lakukan:

2. Rutin minum air putih

Air putih memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pencernaan, karena dapat melarutkan nutrisi agar tubuh mudah menyerapnya.

3. Kunyah makanan dengan baik

Makanan yang dikunyah hingga lembut dapat mengurangi pergesekan di dalam lambung, di mana pergesekan ini dapat mengakibatkan perlukaan di daerah tersebut.

4. Perbanyak makanan berserat

Serat sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebab zat ini mempermudah makanan sampai di saluran pencernaan bagian bawah. Ini akan menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan terkait pencernaan.

5. Menerapkan pola hidup sehat

Untuk menjaga kesehatan lambung, sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat dengan:

  • Menghindari rokok, konsumsi alkohol dan stres
  • Tidak mengonsumsi makanan yang merangsang peningkatan asam lambung, seperti: Kopi, sari buah sitrus, dan susu
  • Makanan yang sangat pedas atau asam
  • Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, misalnya cokelat, keju, dan makanan berlemak
  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, misalnya sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda

6. Berolahraga secara rutin dan teratur

Selain menjaga kesehatan tubuh bagian luar, berolahraga secara rutin dan teratur juga akan menjaga sistem pencernaan Anda dari gangguan kesehatan. Olahraga yang dilakukan secara rutin terkbukti dapat mencegah terjadinya sembelit, perut kembung dan iritasi di lambung.

Yuk, mulai jaga kesehatan pencernaan sedari dini. Dengan demikian, risiko Anda untuk mengalami kondisi yang dapat mengganggu rutinitas sehari-hari akan semakin kecil, atau bahkan tidak ada sama sekali.

(NB/RH)

 

Masalah PencernaanMaagpencernaankesehatan pencernaan

Konsultasi Dokter Terkait