Sukses

Apa Itu Global Handwashing Day?

Pernahkah Anda mendengar mengenai Global Handwashing Day? Yuk, cari tahu tentang hal itu di sini.

Pernahkah Anda mendengar tentang Global Handwashing Day? Apakah Anda tahu bahwa 15 Oktober merupakan hari yang secara khusus didedikasikan untuk merayakan bagaimana mencuci tangan dengan benar? Yuk, cari tahu lebih jauh tentang hari peringatan ini.

Apa itu Global Handwashing Day?

Global Handwashing day merupakan upaya yang diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun sebagai langkah sederhana mencegah penyakit dan menyelamatkan jiwa kepada masyarakat. Tanggal 15 Oktober setiap tahunnya di seluruh dunia di tunjuk sebagai hari untuk menciptakan metode kreatif dalam meningkatkan kewaspadaan mencuci tangan, terutama cuci tangan pakai sabun.

Dimulai pada tahun 2008 oleh WHO, Global Handwashing Day merupakan suatu kegiatan lanjutan dari kampanye kebersihan tangan yang mulanya ditujukan untuk menurunkan angka terjadinya infeksi terkait dengan pelayanan kesehatan. Upaya yang dicanangkan pada tahun 2005 ini kemudian dipandang perlu diperluas. Di samping itu, momen ini juga digunakan untuk menguji apakah penduduk dunia telah melakukan cuci tangan pakai sabun dengan benar pada saat-saat yang penting, atau justru sebaliknya.

Mengapa Cuci Tangan Pakai Sabun itu Penting?

Tangan manusia dihinggapi oleh 2 jenis kuman yang berbeda. Pertama, kuman residen. Kuman ini tinggal di bagian bawah lapisan kulit paling atas. Kedua adalah kuman transien, yang hidup di lapisan kulit paling atas dan bisa menyebabkan penyakit. Kuman transien bisa sampai ke tangan manusia adalah akibat adanya kontak dari orang lain atau lingkungan sekitar. Agar kuman transien tidak menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut, cuci tangan pakai sabun dengan langkah-langkah yang tepat sangatlah penting.

Melalui Global Handwashing Day, masyarakat diajak untuk melakukan kegiatan pencegahan yang sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri agar tubuh terlindungi dari penyakit, terutama penyakit yang ditularkan melalui tangan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga memandang pentingnya kegiatan ini, bukan hanya untuk praktisi dan tenaga kesehatan, namun juga oleh seluruh masyarakat di dunia.

Apakah Anda masih belum dapat cuci tangan pakai sabun dengan benar? Sekarang saatnya belajar. Ayo, bersama berpartisipasi dalam Global Handwashing Day!

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar