Otot dan Sendi

5 Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Nyeri Sendi di Rumah

dr. Reza Fahlevi, 24 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin tahu cara mengurangi nyeri sendi di rumah? Lakukan 5 teknik relaksasi berikut ini!

5 Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Nyeri Sendi di Rumah

Nyeri sendi adalah keluhan yang bisa menganggu aktivitas Anda. Kondisi ini kerap memaksa penderitanya untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Namun, tidak semua orang senang minum obat untuk mengurangi rasa nyeri sendi. Mungkin Anda salah satunya. Jika sudah demikian, salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan teknik relaksasi.

Inilah 5 teknik relaksasi untuk atasi nyeri sendi yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Peregangan di pagi hari

Orang dengan gejala rematik sering mengalami rasa kaku dan nyeri sendi di pagi hari. Gejala ini dapat dikurangi dengan teknik peregangan, terutama pada sendi yang mengalami kekakuan. Lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari selama 10-20 menit secara perlahan dan bertahap.

2. Pijat

Ini adalah cara mengurangi keluhan nyeri sendi yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pijat yang dilakukan sendiri selama 20 menit sehari dapat menurunkan gejala nyeri sendi.

3. Kompres

Kompres hangat dan dingin juga menjadi salah satu pilihan terapi nyeri sendi yang bisa Anda lakukan di rumah. Kompres hangat untuk nyeri sendi tidak disertai dengan gejala peradangan (merah dan bengkak). Sedangkan kompres dingin untuk nyeri sendi yang disertai dengan gejala peradangan.

4. Yoga

Para ahliyakin bahwa yoga dapat mengurangi rasa nyeri sendi dan meningkatkan kualitas hidup penderita, terutama mereka yang menderita nyeri sendi akibat pengapuran sendi. Lakukan gerakan yang mudah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Berendam air hangat

Siapa sangka, berendam air hangat dapat membantu mengatasi nyeri sendi yang tidak disertai gejala. Mekanisme berendam air hangat sama seperti terapi kompres hangat. Namun ingat, jangan menggunakan air yang terlalu panas, ya.

Ternyata, ada banyak cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi keluhan nyeri sendi. Anda dapat memilih salah satu atau mengombinasikan beberapa teknik di atas. Pilihlah teknik relaksasi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan fasilitas yang Anda miliki.

(NB/RH)

Relaksasisendi sehatNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait