Sukses

Bahayakah Membunyikan Sendi Jari?

Konon, membunyikan sendi jari dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa pegal pada sendi. Namun, ada pula yang mengatakan tindakan ini berbahaya bagi kesehatan. Mana yang benar?

Banyak orang yang gemar membunyikan sendijari. Apakah Anda juga melakukannya? Konon, membunyikan sendi jari dapat menghilangkan rasa pegal pada sendi.

Namun, ada pula yang mengatakan tindakan ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Mana yang benar?

Sebagian orang berpendapat bahwa membunyikan jari dapat memicu cedera pada sendi. Dalam jangka panjang, hal ini bisa berujung pada peradangan sendi.

Sayangnya, meski telah menjadi pembahasan yang berlarut-larut, hingga saat ini belum ditemukan fakta medis mengenai hal ini. Artinya, membunyikan sendi jari tidak menunjukkan manfaat ataupun kerugian yang pasti.

Namun demikian, ada kondisi tertentu yang membuat urusan membunyikan sendi jari menjadi tindakan yang berbahaya. Kondisi yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda merasa nyeri saat melakukannya.

Kemungkinan persendian jari Anda sedang mengalami suatu peradangan atau cedera. Membunyikan sendi jari justru dapat memperparah haltersebut.

Peradangan sendi –atau menurut istilah medis disebut artritis, dapat disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah pengapuran sendi, kelebihan asam urat, penyakit rematik, dan infeksi pada sendi.

Menurut sebuah literatur kesehatan, ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu terjadinya peradangan sendi. Faktor yang paling sering adalah usia, jenis kelamin, kegemukan, merokok, faktor keturunan, dan pekerjaan.

Jadi, pada dasarnya membunyikan sendi jari tidak memberikan manfaat ataupun kerugian yang nyata. Namun jika Anda merasakan nyeri saat membunyikan sendi jari, sebaiknya hentikan kebiasaan ini dan segera kunjungi dokter.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar