Sukses

Adakah Cara untuk Mengatasi Alergi Udang?

Setiap kali anak mengonsumsi udang, pasti timbul ruam merah gatal di sekujur tubuhnya. Apakah alergi udang tersebut dapat disembuhkan?

Alergi adalah suatu reaksi yang keliru dari sistem pertahanan tubuh. Alih-alih menyerang kuman yang berpotensi menyebabkan penyakit, sel-sel kekebalan tubuh malah menyerang benda atau zat yang seharusnya tidak berbahaya bagi tubuh.

Hampir semua bahan dan zat yang ada di sekitar kita dapat menyebabkan alergi. Namun demikian, ada beberapa di antaranya yang paling sering menyebabkan alergi, yaitu makanan – seperti susu sapi, makanan laut (ikan, udang, lobster, kepiting), kacang, dan telur. Selain itu, alergen hirup juga sering kali menyebabkan alergi pada anak yang lebih besar, seperti debu dan tungau debu rumah.

Alergi Udang Sulit Hilang

Udang merupakan salah satu makanan penyebab alergi yang cukup sering. Meskipun umumnya alergi ini mulai dialami oleh anak yang lebih besar dan orang dewasa, tidak menutup kemungkinan anak kecil pun dapat mengalaminya.

Tidak seperti alergi susu sapi yang dapat menghilang ketika anak mencapai usia 1-5 tahun, mereka yang memiliki alergi udang akan sulit untuk terbebas, dan umumnya akan membawanya hingga dewasa. Alergi udang pun cenderung untuk “menyebar” kepada alergi lobster dan kepiting. Jadi, anak yang memiliki alergi udang juga harus berhati-hati – meskipun tidak perlu memantang konsumsi lobster dan kepiting.

Namun, alergi udang tidak sama dengan alergi ikan. Umumnya anak yang memiliki alergi udang akan tetap aman ketika menyantap ikan, dan sebaliknya.

Gejala Alergi Udang

Gejala alergi udang dapat timbul pada berbagai tempat, seperti kulit, sistem pernapasan, dan pencernaan. Gejala-gejala alergi udang antara lain:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Perut kembung dan nyeri.
  • Diare.
  • Ruam merah yang terasa gatal.
  • Biduran.
  • Bengkak pada bibir, lidah, atau mata.
  • Sesak napas.
  • Batuk.
  • Sulit menelan.

Mengatasi Alergi Udang

Satu-satunya cara untuk mencegah agar alergi udang tidak kambuh adalah dengan menghindari makanan yang mengandung udang. Jika akan membeli makanan di supermarket, Anda harus memeriksa terlebih dahulu labelnya, apakah mengandung udang.

Jika memesan makanan di restoran pun Anda harus memastikan kepada pelayan bahwa makanan tersebut tidak mengandung udang. Beberapa jenis makanan yang mengandung udang antara lain kaldu ikan, perasa seafood, sushi, dan surimi.

Anda juga harus menyiapkan obat antialergi ke mana pun anak pergi, agar jika terjadi gejala alergi sewaktu-waktu,  bisa dengan cepat menanganinya. Namun, apabila reaksi alergi tidak membaik dengan obat antialergi yang Anda miliki, segeralah bawa anak ke dokter.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar