Sukses

Tips Nyaman Berkemah untuk Anak yang Alergi

Rencananya Anda akan berkemah bersama anak pada akhir pekan. Tapi, belum mempersiapkan apa pun sama sekali? Jangan khawatir, baca dulu kiat-kiatnya di sini!

Berkemah di alam terbuka mungkin menurut Anda akan kurang nyaman dan menyenangkan. Namun, dengan persiapan, perlengkapan, dan lokasi yang tepat, Anda dan keluarga pasti dapat menikmati acara berkemah pada akhir pekan.

Lokasi

Pertama-tama, pilihlah lokasi berkemah yang aman, nyaman, dan memiliki fasilitas yang lengkap. Anda dapat mencari data dari beberapa lokasi berkemah yang baik di Bandung, Lembang, Bogor, Ciater, Ciwidey, Cibodas, Ciawi, dan Sukabumi dari internet.

Bagi Anda yang belum terbiasa berkemah di alam terbuka, Anda dapat mencoba beberapa tempat perkemahan yang menawarkan sarana tenda semi permanen yang lebih nyaman bagi pekemah pemula.

Kesehatan dan Obat-obatan

Pastikan agar kondisi tubuh Anda dan keluarga – terutama anak – berada dalam keadaan sehat. Selain itu, Anda pun harus berjaga-jaga dengan membawa obat yang mungkin sewaktu-waktu dibutuhkan oleh Anda dan keluarga.

Mulai dari perlengkapan P3K berupa perban, obat antiseptik, perban, kain kasa, cotton buds, hingga obat-obatan untuk penyakit yang sering dialami (obat antialergi, obat antinyeri, obat demam, obat antimabuk perjalanan, dan obat maag).

Tenda

Apabila Anda sudah terbiasa berkemah, Anda dapat membawa tenda beserta segala perlengkapannya jika ingin mendirikan tenda sendiri. Namun apabila Anda tidak ingin repot, Anda dapat mengonfirmasi kepada pengelola lokasi perkemahan, apakah mereka juga menyewakan tenda siap pakai.

Pastikan tenda yang Anda bawa atau sewa dapat menampung seluruh jumlah anggota keluarga dengan nyaman.

Perlengkapan Tidur

Untuk tidur yang nyaman walaupun di tenda, Anda dapat membawa tikar yang tebal dan tahan air, dan kantong tidur yang nyaman beserta selimut yang hangat. Anda juga dapat membawa ekstra bantal untuk menjamin kenyamanan selama berkemah.

Pakaian Sesuai Cuaca

Apabila Anda dan keluarga memutuskan untuk berkemah di daerah yang memiliki udara dingin, pastikan untuk membawa pakaian yang tebal, baju lengan panjang, celanan panjang, jaket, kaus kaki, dan topi. Pastikan juga agar jumlah pakaian yang dibawa mencukupi.

Perlengkapan Mandi

Jangan lupakan benda-benda penting untuk menjaga kebersihan tubuh seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, dan handuk. Agar lebih irit tempat, Anda dapat membawa satu jenis sabun dan sampo untuk seluruh keluarga.

Alas Kaki yang Nyaman

Pastikan agar Anda dan keluarga menggunakan alas kaki yang nyaman. Apabila akan berjalan jauh atau hiking, sepatu olahraga adalah pilihan yang tepat. Bawa juga kaus kaki dalam jumlah yang cukup, serta sandal yang nyaman untuk bersantai pada waktu senggang.

Makanan dan Minuman

Tidak perlu repot sampai membawa beras dan penanak nasi, Anda cukup membawa air mineral dan camilan untuk seluruh keluarga. Camilan dapat berupa buah, biskuit, atau roti. Untuk segi kepraktisan, sekali-kali Anda dapat menyiapkan makanan kaleng atau makanan instan lainnya.

Sementara itu untuk anak, Anda dapat menyajikan kudapan dan makanan instan yang khusus untuk bayi atau balita. Makanan instan ini tersedia dalam bentuk siap pakai dalam botol, atau bentuk bubuk yang tinggal diseduh dengan air hangat.

Alat-Alat Darurat

Ketika berkemah di alam terbuka, pastikan agar Anda selalu membawa senter, baterai, obeng serbaguna, korek api, dan pisau.

Mainan Anak

Agar anak lebih nyaman ketika pergi jauh dari rumah, Anda dapat membawa mainan kesayangannya, seperti boneka, buku, bantal, dan lain-lainnya. Dengan ditemani oleh benda kesayangannya, anak akan tidak mudah rewel dan dapat tidur dengan lebih mudah.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar