Kesehatan Anak

Jangan Ajak Anak Makan Sambil Bermain

dr. Ratih Puspita Sp.A, 21 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernah memberi makan anak sambil bermain atau jalan-jalan —bahkan berlarian ke sana ke mari? Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan tersebut.

Jangan Ajak Anak Makan Sambil Bermain

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali anak yang disuapi makan sambil bermain. Sering kali orangtua atau pengasuh melakukan hal itu agar kegiatan makan dapat berlangsung lebih cepat.

Pemberian makan pada anak tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi juga merupakan proses belajar dan stimulasi yang efektif. Dalam proses makan, seluruh indra anak dirangsang dengan aktif.

Mata melihat bentuk dan warna setiap jenis makanan dan kemudian belajar mengenalinya. Hidung menghirup aroma makanan yang disediakan. Mulut belajar mengenali rasa dan tekstur makanan, serta motoriknya belajar untuk melumat dan mengunyah makanan.

Kulit pun belajar merasakan tekstur dan suhu makanan atau alat makan. Telinga mendengar apa yang dikatakan oleh orangtua saat membantu proses makan tersebut.

Lebih dari itu, ikatan komunikasi dan rasa sayang juga semakin kuat dalam interaksi timbal balik dalam kegiatan makan. Manfaatnya tak main-main, bukan? Itulah sebabnya penting untuk menghindari distraksi dalam proses makan agar anak fokus pada aktivitas makan.

Distraksi ini dapat berupa televisi atau mainan. Jika anak makan sambil melakukan aktivitas lain, anak akan cenderung ‘mengabaikan’ proses makan dan menjadikannya suatu ‘automatisasi’ saja. Makan menjadi suatu kegiatan pasif dan bukan kegiatan aktif.

Hal lain yang tidak baik mengenai makan sambil bermain adalah anak menjadi kurang menyadari bahwa makan adalah suatu kebutuhan dirinya. Karena dilakukan sambil melakukan hal lain dan tidak sadar sepenuhnya, anak tidak sempat mengenali rasa lapar sebelum makan dan rasa kenyang setelah makan. Kegiatan makan dapat dianggap menjadi suatu rutinitas dan bukan kebutuhan.

Mari bangun kebiasaan makan yang baik pada anak. Jika bukan sekarang, kapan lagi?

[RS/RH]

BermainmakanAnakSerba-Serbi Makanan Balita

Konsultasi Dokter Terkait