Sukses

Cara Cepat dan Mudah Hilangkan Memar

Memar memang tidak bisa dihilangkan saat itu juga. Namun, ada cara yang mudah untuk menghilangkan memar sekaligus mengurangi nyerinya.

Memar dapat terjadi kepada semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Memar timbul akibat pelebaran pembuluh darah saat anggota tubuh terbentur.

Terbenturnya anggota tubuh ini mengakibatkan kerusakan sel yang membutuhkan perbaikan. Salah satu cara perbaikan adalah dengan melebarkan pembuluh darah, yang akhirnya menimbulkan memar.

Biasanya memar diiringi dengan bengkak dan tak jarang kekakuan otot atau anggota gerak. Tidak semua tanda memar ini memerlukan pemeriksaan dan pengobatan dokter. Anda juga bisa menanganinya sendiri di rumah.

Berikut caranya:

  • Mengistirahatkan anggota tubuh yang terlihat memar. Ini penting untuk mencegah kerusakan sel bertambah.
  • Menempelkan es yang berfungsi untuk mengurangi nyeri. Gunakan selama 15-30 menit. Penting untuk diketahui bahwa memar dapat bertambah parah apabila Anda mandi dengan air panas.
  • Lakukan pijatan sederhana yang dapat meningkatkan aliran darah dari dan menuju bagian tubuh yang memar. Pijatan tersebut dapat sangat efektif dan  mudah dilakukan tentunya.

Obat-obatan antiradang seperti parasetamol dan ibuprofen juga dapat dikonsumsi. Namun ingat, penggunaannya harus diawasi oleh dokter.

Segera periksakan diri ke dokter apabila memar bertahan lebih dari 2 minggu, muncul tanda-tanda infeksi kulit, nyeri semakin bertambah, dan adanya keluhan baru seperti kesemutan pada anggota tubuh yang memar.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar