Sukses

Makanan Ini Manjur Atasi Pegal

Selain obat antinyeri, keluhan pegal juga bisa diatasi dengan sayur dan buah. Apa saja sayur dan buah yang bagus untuk pegal?

Sayur dan buah kerap dikonsumsi untuk menunjang diet. Namun, selain untuk mengurangi asupan kalori, ternyata sayur dan buah juga manjur untuk  mengatasi pegal.

Keluhan pegal dapat terjadi pada setiap orang, baik karena berolahraga ataupun aktivitas fisik yang berat. Obat antinyeri sering dijadikan jalan pintas untuk mengatasinya.

Hal tersebut memang tidak dilarang. Tapi ingat, obat antinyeri juga memiliki efek samping. Lalu, apakah obat yang tidak memiliki efek samping?

Jawabannya adalah makanan sehat, terutama sayur dan buah. Ada beberapa sayur dan buah yang dapat mengurangi keluhan pegal. Berikut di antaranya:

  • Beri

Ternyata, beberapa buah beri dapat mengurangi pegal secara lebih cepat. Seperti rasberi, stroberi, blackberry, dan plum. Hal ini dikarenakan beri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk mengurangi proses peradangan otot.

  • Brokoli dan Bunga Kol

Brokoli dan bunga kol berfungsi untuk mengurangi kadar kortisol, hormon stres yang timbul setelah berolahraga. Selain itu, keduanya dapat meningkatkan aktivitas tiroid, sehingga dapat menaikkan metabolisme setelah berolahraga sekaligus mempercepat pemulihan tubuh.

  • Semangka

Semangka diyakini dapat meningkatkan produksi nitrit oksida. Fungsinya adalah untuk meningkatkan aliran pembuluh darah, sehingga dapat memberi nutrisi pada otot yang terasa pegal.

  • Nanas dan Kiwi

Sama seperti sayuran hijau, nanas dan kiwi berfungsi untuk meningkatkan kandungan antioksidan di dalam darah. Kandungan antioksidan yang meningkat bagus untuk mengurangi rasa nyeri.

Mengonsumsi sayur dan buah baik dilakukan sebelum atau sesudah berolahraga. Sebelum berolahraga, makanlah buah-buahan yang tinggi gula seperti pisang atau semangka. Setelah berolahraga, pastikan untuk minum dalam jumlah yang cukup.

Ingat, selain sayur dan buah, air putih juga sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Kebutuhan cairan yang cukup dapat membuat otot-otot kembali pulih secara optimal.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar