Sukses

Waspada Sakit Kepala Akibat Stres

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya adalah sakit kepala.

 

Stres yang berlebihan sangat merugikan kesehatan. Saat stres, produksi hormon adrenalin akan meningkat sehingga mengakibatkan jantung berdebar, kesemutan, hingga susah tidur.

Selain itu, hormon tersebut juga dapat memicu ketegangan pada otot-otot bahu, tengkuk, dahi, dan rahang. Seluruh keadaan ini dapat membuat seseorang mudah terserang sakit kepala.

Berikut ini jenis-jenis sakit kepala yang dapat disebabkan oleh stres:

Migrain

Penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah yang berdenyut. Sebagian penderita dapat mengalami aura (tanda-tanda yang mengawali migraine) sebelum mengalami serangan.

Beberapa gejala aura adalah gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki). Namun, tidak semua penderita migrain mengalami gejala tersebut, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura.

Tension-Type Headache (TTH)

TTH merupakan sakit kepala yang terjadi di seluruh bagian kepala. Saat serangan terjadi, penderita akan merasa kepalanya diikat, diperas atau ditimpa oleh beban berat.

Selain stres, TTH biasanya juga disebabkan oleh depresi, kecemasan, dan posisi kepala dan leher yang tidak tepat. Dehidrasi, kurang tidur, dan terlambat makan juga dapat menjadi pemicu utama.

Dibandingkan jenis sakit kepala lainnya, TTH merupakan jenis sakit kepala yang paling umum terjadi. Meskipun demikian, TTH memiliki tingkat keparahan yang paling rendah.

Durasinya pun tidak selama migrain, yaitu ‘hanya’ berkisar antara 30 menit hingga beberapa jam. TTH juga tidak menyebabkan mual, muntah, dan jarang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kelola stres Anda dengan baik agar tidak merugikan kesehatan. Misalnya dengan berolahraga teratur, tidur cukup, melakukan hobi, berlibur, berkumpul bersama keluarga, dan sebagainya. Semoga sakit kepala Anda segera membaik, ya!

[RS/RH]

?Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar