Sukses

7 Bagian Tubuh yang Rawan Disentuh Tangan

Beberapa bagian tubuh sebaiknya tidak sembarangan disentuh oleh tangan. Dikarenakan bila disetuh dengan tangan yang kotor bisa menjadi sumber masuk kuman. Jangan panik, cari tahu di sini bagian ‘terlarang’ tersebut.

Tangan adalah anggota tubuh manusia yang kerap menjadi media perpindahan kuman penyebab penyakit. Apalagi jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyentuh bagian tubuh tertentu, untuk menghindarkan berpindahnya kuman ke area tubuh tertentu.

Berikut adalah bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh dengan tangan:

  1. Bagian Dalam Hidung

Mengupil adalah kegiatan yang dibutuhkan tubuh untuk membersihkan kotoran di dalamnya. Namun kegiatan ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan tisu. Atau, jika langsung menggunakan tangan maka sebaiknya cuci tangan dahulu sebelum dan sesudahnya.

Mencuci tangan sebelum menyentuh bagian dalam hidung dapat mencegah Anda terpapar kuman dan virus penyebab infeksi saluran pernapasan –rhinovirus dan influenza. Sedangkan mencuci tangan setelahnya adalah agar kotoran di tangan Anda tidak tersebar ke mana-mana.

  1. Rongga Mulut

Menyentuh gigi, gusi, lidah, dan bagian rongga mulut lainnya harus dilakukan dengan bantuan sarung tangan latex atau dengan tangan yang bersih. Ini agar kuman dan virus penyakit –seperti Salmonella typhi, atau virus hepatitis A– tidak masuk ke saluran cerna dan menyebabkan penyakit.

Selain setelah menyentuhnya, buang sarung tangan tersebut. Jika menggunakan tangan, Anda harus mencuci tangan dengan air dan sabun untuk mencegah penyebaran kuman.

  1. Bola Mata

Tangan yang kotor dan belum dicuci dapat membawa kuman –seperti bakteri Stafilokokus, virus, dan candida– ke mata, sehingga dapat menyebabkan infeksi mata. Untuk itu, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi akibat bakteri, virus, maupun jamur.

  1. Liang Telinga

Kotoran di liang telinga terdiri dari debu, sel kulit mati, dan kuman. Untuk itu, sebelum dan sesudah menyentuh liang telinga sebaiknya tangan dicuci dengan air mengalir dan sabun agar tidak terjadi penyebaran kuman.

  1. Pusar

Pusar adalah ‘rumah’ bakteri. Ada lebih dari 67 jenis bakteri, dengan jumlah ribuan yang ada di pusar 1 orang. Tak hanya itu, bentuk pusar juga mudah membuat bakteri terperangkap. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk memastikan kebersihannya. Jadi, cucilah tangan sebelum dan sesudah menyentuh pusar.

  1. Anus

Anus merupakan daerah yang penuh dengan kuman berbahaya, seperti E. coli. Bagian ini juga merupakan daerah yang rentan menjadi tempat kuman terperangkap jika tidak rutin dibersihkan. Untuk itu, anus tidak boleh disentuh sembarangan. Kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyentuhnya harus diperhatikan dengan teliti.

  1. Kaki

Kaki merupakan bagian tubuh yang sering kotor dan penuh dengan kuman berbahaya. Untuk itu, kaki sebaiknya tidak disentuh dengan tangan. Jika harus menggunting kuku kaki atau membasuh kaki, maka pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudahnya agar tidak terjadi penyebaran kuman.

Sekarang Anda sudah tahu ‘kan bahwa tangan tidak boleh sembarangan menyentuh bagian tubuh tertentu? Ayo, perhatikan kebersihan tubuh dengan lebih teliti!

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar