Sukses

Susah Hamil Anak Kedua? Ini yang Harus Anda Lakukan!

Bagi Anda yang ingin hamil anak kedua, inilah yang harus dilakukan.

Memiliki satu anak terkadang dianggap masih belum lengkap. Ketika proses mendapatkan buah hati untuk pertama kali  lebih mudah, tak sedikit pasangan merasa kesulitan untuk hamil yang kedua kalinya.

Bagi Anda yang sudah siap dan bersemangat untuk memiliki anak kedua, beberapa hal yang harus dilakukan adalah:

  1. Cek kesehatan reproduksi

Sebelum hamil lagi, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan organ reproduksi Anda dan pasangan secara menyeluruh ke dokter. Bila perlu, lakukan pemeriksaan sperma. Jika ditemukan adanya gangguan, dokter dapat segera memberikan penanganan yang optimal untuk membantu Anda dan pasangan.

  1. Komplikasi

Komplikasi yang terjadi di kehamilan pertama dapat menganggu kehamilan Anda yang kedua. Diskusikan dengan dokter mengenai komplikasi kehamilan yang pernah Anda alami. Dengan demikian, dokter dapat memantau dan memberikan pengobatan bila diperlukan.

  1. Hindari stres

Stres dapat memengaruhi masa subur Anda. Ini berkaitan dengan berkurangnya lendir dari serviks saat masa ovulasi, sehingga turut memengaruhi proses pembuahan. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat memundurkan masa ovulasi.

  1. Jaga berat badan

Kelebihan berat badan juga berpengaruh pada tingkat kesuburan. Penelitian menjelaskan bahwa wanita obesitas akan tiga kali menjadi tidak subur dibandingkan wanita dengan berat badan normal. Penyebabnya, wanita yang obesitas akan mengalami masa menstruasi yang tidak teratur dan berpengaruh pada masa suburnya. Pengaruh lemak di dalam perut pada wanita obesitas juga akan memengaruhi hormon-hormon yang berperan dalam masa ovulasi.

  1. Makanan peningkat kesuburan

Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Makanan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah produk olahan susu yang tinggi lemak, sayuran hijau yang kaya akan zat besi dan asam folat, serta biji-bijian yang kaya vitamin E. Jangan lupakan buah pisang. Buah satu ini mengandung vitamin B6 yang dapat membantu perkembangan sel telur.

  1. Waktu yang tepat

Waku berhubungan seksual yang tepat dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil. Lakukan ini saat Anda memasuki masa subur, yaitu sekitar 14 hari sebelum siklus haid berikutnya. Tanda fisik lain dari masa subur wanita adalah:

  • Saat memasuki masa subur, suhu tubuh wanita akan meningkat.
  • Di saat masa subur, lendir serviks berbentuk lebih encer. Lendir tidak terputus jika dipegang dan jika ditarik dapat memanjang.
  1. Menerapkan pola hidup sehat

Perbaikan pola hidup ke arah yang lebih baik akan memudahkan Anda untuk hamil. Anda dapat mulai rutin berolahraga tiga kali dalam seminggu, serta menghindari alkohol dan rokok.

Semoga kiat di atas dapat membantu Anda untuk hamil anak kedua. Ingatlah untuk selalu berpikiran positif, dengan menikmati setiap momen yang Anda miliki bersama pasangan. Percayalah bahwa saat itu akan datang kembali pada Anda!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar