Sukses

Perhatikan Ini Saat Menghitung Biaya Persalinan

Tidak ingin biaya persalinan Anda membengkak? Perhatikan 5 hal ini!

Bicara kehamilan tak melulu hanya mengenai kecukupan nutrisi bagi ibu dan bayi. Anda dan pasangan juga harus memikirkan tentang biaya persalinan yang harus dihadapi kelak. Hal ini tentu tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab jika tidak diperhitungkan dengan baik, biaya persalinan bisa membebani pikiran Anda dan pasangan.

Untuk itu, penting untuk mengetahui kebutuhan saat persalinan dan usai persalinan. Nah, beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat perhitungan biaya persalinan antara lain:

  1. Fasilitas kesehatan

Ini merupakan hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Pasalnya, biaya persalinan mengalami peningkatan sebesar 5-15% per tahun. Carilah informasi biaya persalinan dengan bertanya pada layanan konsumen di tempat yang Anda pilih. Umumnya, perkiraan biaya persalinan akan tergantung dari ruang rawat inap yang dipilih, jasa penolong persalinan, dan biaya tindakan saat proses persalinan.

  1. Jenis persalinan

 Walau Anda berniat untuk melakukan persalinan secara normal, namun, ada baiknya Anda tetap menghitung persiapan dana untuk persalinan secara caesar. Sebab, saat proses persalinan, Anda tak bisa menduga akan kemungkinan adanya hambatan pada ibu atau janin. Sementara, persalinan caesar sendiri biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  1. Perkiraan keperluan bayi

Biasanya, ibu yang baru pertama kali hamil sangat antusias dalam memilih barang-barang keperluan bayi. Tak jarang hal ini menimbulkan biaya di luar dugaan. Jika dana Anda terbatas, penuhi keperluan bayi yang penting saja terlebih dahulu. Misalnya, pakaian bayi dengan jumlah secukupnya.

  1. Perlengkapan ibu

Anda dapat menekan biaya dengan membatasi pembelian keperluan Anda sendiri. Salah satunya dengan tidak membeli banyak pakaian. Belilah ukuran pakaian yang langsung besar, sehingga dapat digunakan sampai usia kehamilan memasuki trimester ketiga.

  1. Pemeriksaan bayi

Persiapan tak berhenti sampai proses persalinan saja. Persiapkan juga biaya kunjungan ke dokter dan biaya imunisasi rutin setiap dua bulan sekali sampai bayi berusia 2 tahun.

Dana Anda tak terlalu besar? Jangan berkecil hati. Biaya-biaya tersebut dapat Anda tekan asalkan rutin mencari informasi tentang biaya persalinan di tiap fasilitas kesehatan.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar