Sukses

Pentingnya Olahraga bagi Anak Alergi

Anak alergi bukan berarti tidak bisa berolahraga. Simak artikel berikut agar anak dapat melakukan olahraga dengan nyaman serta bebas alergi.

Anda tentu sedih melihat anak Anda yang awalnya bersemangat berolahraga, tak dapat melakukannya gara-gara alergi. Apalagi kejadian ini sering berulang ketika ia sedang berolahraga.

Jangan biarkan asma dan serangkaian kejadian alergi lainnya menjadi hambatan bagi anak untuk berolahraga. Dengan persiapan yang tepat, ia pun dapat melakukan olahraga dengan nyaman, tanpa diganggu oleh alergi.

Pilih Lokasi yang Tepat

Alergi –terutama asma, dapat timbul apabila ada pencetus tertentu. Kenali pencetus yang spesifik pada anak dan hindari pencetus tersebut. Tak bisa mengenalinya? Asma biasanya mudah kambuh jika anak berada di lingkungan bersuhu ekstrem, seperti terlalu panas atau terlalu dingin.

Selain itu, udara kering serta polusi –seperti asap rokok dan kendaraan bermotor- juga dapat dengan mudah menimbulkan asma. Karena itu, mungkin akan lebih nyaman bagi anak untuk berolahraga di dalam ruangan atau tempat yang teduh.  Jika asma atau alergi yang diderita anak parah, Anda juga dapat memasang penyejuk ruangan dan pelembap udara di ruangan tempat anak berolahraga.

Pilih Olahraga yang Tepat

Asma dapat timbul jika anak terlalu lelah. Hal ini umumnya disebabkan jika anak terlibat dalam olahraga yang cukup intens dan berat. Itulah sebabnya pemilihan jenis olahraga juga penting dalam hal ini. Olahraga yang ringan-sedang cocok untuk dilakukan oleh anak yang alergi. Misalnya berenang, yoga, jogging, sepeda santai, atau senam.

Pastikan anak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga, setidaknya 10 menit. Ketika berolahraga, ingatkan anak untuk tidak bernapas melalui mulut. Pasalnya, udara yang masuk melalui mulut tidak dapat dilembapkan oleh rongga hidung, sehingga udara yang kering tersebut akan masuk ke saluran napas dan berpotensi mencetuskan alergi.

Pernapasan yang cepat dan dalam juga dapat membuat alergi anak kambuh. Oleh karena itu, ingatkan anak untuk beristirahat sejenak jika ia sudah merasa lelah dan ngos-ngosan. Terakhir, pastikan agar Anda selalu membawa obat alergi atau asma anak, ke manapun ia berada. Seandainya alergi kambuh saat anak berolahraga, Anda akan dapat memberikan pertolongan yang cepat dan tepat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar