Sukses

Kiat Memilih Sepatu Olahraga untuk Anak

Jangan memilih sepatu olahraga untuk anak hanya berdasarkan model dan warna favoritnya saja. Pastikan agar sepatu tersebut juga nyaman dan berkualitas.

Untuk menunjang aktivitasnya dalam berolahraga, anak membutuhkan sepatu yang nyaman dan berkualitas baik. Baca artikel ini untuk mendapatkan panduan pemilihan sepatu olahraga untuk anak.

Sepatu Berkualitas

Tak dapat dimungkiri, semakin terkenal dan mahal harga sepatu, biasanya kualitasnya pun semakin baik. Pepatah berkata, ‘Ada harga ada rupa’. Meski demikian, harga dan merek tidak selalu bisa dijadikan patokan yang baik dalam memilih sepatu olahraga untuk anak.

Sepatu olahraga yang baik memiliki bahan yang kuat dan berkualitas. Ada tiga jenis bahan yang paling baik bagi sepatu olahraga, yaitu kulit asli, kanvas, atau suede. Selain paling kuat, bahan tersebut memberi kesempatan kulit untuk ‘bernapas’. Sebaliknya, bahan sintetis dapat menimbulkan masalah lembap, bau kaki, hingga infeksi jamur.

Sepatu olahraga pilihan Anda juga harus memiliki alas yang kuat, antislip, dan dapat menahan tekanan dengan baik. Pastikan juga sepatu tersebut memiliki lengkungan dan bantalan penunjang tumit yang baik.

Sebelum Membeli

Ajak anak untuk mencoba sepatu di saat-saat terakhir waktu berbelanja Anda. Kaki yang telah dibawa berkeliling akan lebih ‘bengkak’, sehingga berada pada ukuran ‘terbesar’ kaki. Dengan demikian, ukuran sepatu olahraga yang kelak dicoba akan lebih sesuai.

Jangan lupa, selalu bawa atau kenakan kaus kaki ketika anak akan mencoba sepatu, agar dapat langsung diketahui apakah sepatu tersebut benar-benar pas atau tidak. Pastikan anak mencoba sepatu pada kedua kaki –jangan hanya sebelah– dan minta ia untuk berjalan berkeliling toko sambil mencoba sepatu tersebut. Katakan padanya untuk tidak ragu-ragu dalam mengutarakan keluhan sekecil apa pun tentang sepatu tersebut.

Kenyamanan sepatu juga sangat penting. Sepatu tersebut harus tetap memiliki sedikit ruang gerak – umumnya satu sentimeter dari bagian kaki yang terpanjang –dan nyaman dikenakan sejak awal. Jangan mengharapkan, “Ah, nanti juga kalau sudah lama sepatunya akan enak dipakai”.

Jadi, perhatikanlah hal-hal tersebut sebelum membeli sepatu olahraga untuk anak. Salah memilih sepatu dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti lecet dan kulit melepuh, infeksi jamur dan bakteri, atau kuku yang pertumbuhannya masuk ke dalam.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar