Sukses

Kapan Penderita Mag Harus Lakukan Endoskopi?

Endoskopi adalah tindakan meneropong saluran cerna untuk melihat kondisi saluran tersebut secara langsung. Tapi kapan waktu yang tepat bagi penderita mag untuk melakukannya?

Endoskopi adalah tindakan meneropong saluran cerna untuk melihat kondisi saluran tersebut secara langsung. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari tindakan ini.  

Salah satu indikasi endoskopi adalah penderita sakit mag yang menunjukkan berbagai tanda bahaya (warning sign). Beberapa tanda dan gejala bahwa seorang perlu menjalani endoskopi, antara lain:

  • Berusia lebih dari 55 tahun

Jika Anda berusia lebih dari 55 tahun dan mengalami gejala seperti; nyeri ulu hati, mudah merasa kenyang, dan perut terasa kembung, maka pemeriksaan endoskopi dapat dipertimbangkan. Pemeriksaan ini dapat memperlihatkan secara jelas keadaan mukosa lambung, dan mendeteksi berbagai gangguan pada saluran cerna bagian atas.

  • Penurunan berat badan

Penurunan berat badan merupakan salah satu gejala yang perlu Anda perhatikan. Meski tidak spesifik, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, dapat menjadi pertanda dari berbagai penyakit. Salah satunya adalah kanker. Endoskopi dapat membantu untuk melihat adanya kemungkinan kanker.

  • Disfagia

Disfagia adalah istilah medis untuk kesulitan menelan. Apabila Anda merasa sulit menelan dan makanan terasa terganjal di tenggorokan, maka salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah endoskopi. Salah satu penyakit yang menyebabkan keluhan disfagia adalah tumor esofagus.

  • Perdarahan saluran cerna

Perdarahan saluran cerna adalah gejala yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Jika Anda sering mengeluhkan mual, perut begah, muntah darah atau buang air besar hitam, maka pemeriksaan endoskopi sangat disarankan. Perdarahan saluran cerna dapat disebabkan oleh ulkus lambung dan memerlukan penanganan secara cepat.

  • Riwayat keluarga dengan kanker

Genetik berperan dalam kejadian berbagai jenis kanker. Sekitar 10% kasus kanker gaster menunjukkan adanya keterkaitan keluarga. Karena itu, pasien yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker memerlukan pemantauan yang lebih ketat, salah satunya dengan pemeriksaan endoskopi. 

0 Komentar

Belum ada komentar